Kehadiran rumah toko (Ruko) bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin menghadirkan tempat bisnis sekaligus dapat digunakan sebagai tempat tinggal/google.com Kehadiran rumah toko (Ruko) bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin menghadirkan tempat bisnis sekaligus dapat digunakan sebagai tempat tinggal/google.com

Konsep Desain Ruko yang Ideal

3949 Kali

RUMAH190.COM–Kehadiran rumah toko (Ruko) bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin menghadirkan tempat bisnis sekaligus dapat digunakan sebagai tempat tinggal.Sehingga Anda tidak perlu merogoh kocek untuk transportasi dari rumah menuju ke tempat usaha.

Membangun rumah yang sekaligus bisa digunakan sebagai tempat berbisnis memberikan dua keuntungan sekaligus. Selain bisa digunakan sebagai tempat usaha untuk mengais rezeki, Ruko juga memberi manfaat dijadikan sebagai tempat tinggal.

Dengan mendesainnya sedemikian rupa, Ruko bisa nyaman ditinggali sekaligus mendatangkan keuntungan sebagai tempat usaha, seperti untuk toko, kantor pemasaran atau sebagai rumah makan. Seperti dilakukan Ulik yang mendirikan tempat usaha advertising dan suvenir sekaligus digunakan untuk tempat tinggal di Ruko yang berlokasi di Jl Kalilarangan No 88B, Solo.

Pada lantai satu digunakan untuk tempat usahanya tersebut, sementara di lantai atas digunakan untuk rumah hunian yang ditinggali oleh keluarga adiknya. Pada bagian depan lantai satu digunakan untuk memajang produk-produk suvenir dan terdapat area front office untuk menerima order.

Antara bagian front office dengan ruang komputer disekat dengan partisi dari perpaduan alumunium dan kaca. ”Sekat ini sengaja dibuat agar komputer yang di dalam tidak mudah terkena debu dari luar,” ujar Ulik ketika ditemui Rumah190.com di Rukonya.

Sementara ruang di bagian bawah tangga disekat dengan partisi rotan dan digunakan sebagai tempat salat. Pada bagian belakang terdapat ruang kosong memanjang yang digunakan untuk taman minimalis dan pada bagian pojok terdapat kamar mandi.

Pada lantai dua digunakan untuk tempat tinggal. Terdapat satu buah kamar tidur yang disekat menggunakan partisi, ruang keluarga yang juga ruang tamu yang dilengkapi dengan satu set sofa dan seperangkat barang elektronik. Selain itu ada meja makan plus di bagian belakang terdapat dapur minimalis, tempat mencuci dan kamar mandi.

Untuk penghawaannya, pada lantai dua terdapat pintu balkon dan dua buah jendela. Untuk warna dinding dipilih warna krem. Sementara pada atap yang berupa dak tidak difungsikan, mengingat pada dak tidak ada penutupnya.

Terlihat lapang

Memilih Ruko sebagai tempat usaha sekaligus tempat tinggal juga dipilih Yati yang berdiam di Jl MH Thamrin No 18. Pada lantai satu digunakan untuk toko kelontong dan toko busana muslim. Sedangkan pada lantai dua digunakan sebagai tempat tinggal.

Ibu satu anak ini mengatakan, Ruko ini didesain sendiri oleh suaminya. Konsep yang digunakan adalah minimalis dengan pemilihan warna-warna terang seperti merah muda dan biru. ”Dengan warna cerah bisa membuat rumah kelihatan luas dan lebih menarik,” ujar Yati.

Ruang kosong di bawah tangga lantai satu dimaksimalkan sebagai kamar mandi. Sedangkan pada lantai dua yang digunakan untuk tidur dan bersantai dibuat los tanpa sekat. Hal tersebut dilakukan agar ruangan terlihat lapang dan anaknya bisa bermain dengan bebas. ”Namun kami punya rencana nantinya akan membuat sekat-sekat untuk kamar di lantai dua,” kata dia.

Sementara untuk sirkulasi udara, pada lantai satu dibuat lubang udara di atas rolling door. Sedangkan di lantai dua terdapat dua jendela kaca nako. Agar air hujan tidak tempias maka dibuat kanopi. Sementara pada atap dak digunakan untuk tempat menjemur pakaian. (Aeranie Nur Hafnie)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS