konsultasi desain rumah,konsultasi desain rumah minimalis,desain rumah,desain rumah minimalis,desain bangunan. konsultasi desain rumah gratis, konsultasi desain rumah online, konsultasi desain rumah solopos, jasa desain rumah gratis, desain rumah gratis, desain aristek rumah gratis, jasa desain rumah online, desain rumah online gratis,jasa arsitek rumah gratis, jasa arsitek rumah online, jasa arsitek rumah online gratis, arsitek online, arsitek gratis, desain rumah gratis,desain arsitek gratis, desain arsitek online, desain arsitek online konsultasi desain rumah,konsultasi desain rumah minimalis,desain rumah,desain rumah minimalis,desain bangunan. konsultasi desain rumah gratis, konsultasi desain rumah online, konsultasi desain rumah solopos, jasa desain rumah gratis, desain rumah gratis, desain aristek rumah gratis, jasa desain rumah online, desain rumah online gratis,jasa arsitek rumah gratis, jasa arsitek rumah online, jasa arsitek rumah online gratis, arsitek online, arsitek gratis, desain rumah gratis,desain arsitek gratis, desain arsitek online, desain arsitek online

Konsultasi Desain Rumah: Balai Kampung Berkonsep Lincak

318 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

Pengasuh Rubrik Yth.
Warga di wilayah kami bermaksud membangun sebuah balai kampung tingkat RW yang sifatnya serba guna. Lahan yang tersedia memiliki panjang (sisi muka) 7 meter dan lebar 4 meter. Pada ketiga sisinya (kanan, kiri, belakang) sudah ada bangunan rumah penduduk. Kebutuhan kami adalah MCK, ruangan untuk menyimpan inventaris kampung serta tempat pertemuan merangkap pos keamanan. Kami mohon bantuan rancangan agar balai kampung kami ini memiliki keunikan namun tetap ekonomis.
Terima kasih,
Parman, Sragen

Balai kampung tingkat RW ini didesain dengan konsep lincak. Mengingat lahan yang terbatas, maka bangunan didesain 2 lantai dan 2 zona, yaitu zona utama dan penunjang.

Zona utama (lantai 1) berupa ruang pertemuan dan zona pendukung yang bersifat servis yaitu MCK (lantai 1), tempat tandon air (lantai 2) dan gudang (lantai 2). Di dalam ruang pertemuan terdapat pantry yang dapat digunakan untuk meyiapkan hidangan bila ada pertemuan warga atau untuk menunjang kegiatan piket keamanan (siskamling).

Sekalipun zona utama dan penunjang berdampingan, namun memiliki akses yang berbeda dan ketinggian level lantai yang berbeda pula. Selain keunikan tampilan, karena menyerupai lincak, keunikan lain adalah pencapaian ke gudang di lantai 2. Gudang berfungsi untuk tempat penyimpanan inventaris kampung.

Pencapaian ke lantai 2 menggunakan tangga yang moveable. Tangga akan terpasang manakala akan digunakan untuk naik atau turun, sementara itu bila tidak digunakan, tangga dilipat ke atas. Disain tangga moveable ini memungkinkan ruang pertemuan tetap leluasa digunakan.Terdapat void antara ruang pertemuan (lantai1) dengan gudang (lantai2). Void ini selain sebagai ruang tangga, juga berfungsisebagai space untuk sirkulasi  udara alami. Udara dari luar akan masuk ke ruang pertemuan dan bergerak kearah atas melalui void. Void ini memperlancar aliran udara ruang bawah dan atas, karena membentuk cross ventilation secara vertikal.

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS