masjid

Konsultasi Desain Rumah: Dekorasi Fasad Masjid dengan Geometris Islam

2144 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

RUMAH190.COM–Seiring dengan perkembangan Islam berpengaruh langsung pada keragaman arsitektur sarana ibadah Islam, terutama masjid, karena unsur budaya dan seni setempat mempengaruhi bentuk, tata ruang, konstruksi, dekorasi dan lain-lain aspek arsitektural.

Dekorasi merupakan bagian dari seni seperti halnya arsitektur, terkait langsung pada jaman dan budaya suatu masyarakat. Kenyataan dalam Islam bahwa sesungguhnya Alloh Maha Indah dan menyenangi keindahan dan bahwa seni adalah keindahan yang didukung oleh sunnah Nabi, mendorong adanya hiasan masjid. Untuk menghindari kemusyrikan hiasan masjid jarang bermotif manusia ataupun hewan. Hiasan cenderung tidak berupa lukisan, relief dan patung dari makhluk hidup, kecuali tumbuh-tumbuhan, lebih disukai corak geometris tidak fi guratif. Bentuk geometris adalah garis, bidang lengkung, segitiga hingga segi banyak dan lain-lain. Dalam bangunan untuk ibadah Islam, prinsip geometri diterapkan secara lebih fl eksibel, fungsinya lebih banyak sebagai pengarah dan hiasan.

(Sumalyo).

Masjid Baitusy Syukur GonilanKartasura merupakan salah satu masjid yang berada di lingkungan perumahan yang letaknya di dalam deretan rumah dalam gang, masjid ini sangat makmur karena hadirnya pendatang anak-anak kos di lingkungan masjid. Semakin berjalannya waktu jamaah yang diwakili takmir bermaksud merenovasi masjid yang dianggap kurang representatif pada fasadnya (tampak masjid). Posisi masjid diapit oleh deretan rumah tinggal, sehingga masjid hanya bisa dikenali dari fasadnya. Oleh karena itu kami mendesain fasad dengan dekorasi geometris Islam, sehingga tampilan masjid lebih menonjol diantara bangunan rumah di sekitarnya.

Bentuk geometris yang digunakan adalah pola intricate (yaitu dekorasi pada dinding yang berupa hiasan dua dimensional yang dibentuk oleh garis-garis atau bidang datar warna warni dari berbagai bahan menjadi pola seperti bintang, rumit dan ramai). Pada hal ini bagian bangunan berfungsi majemuk sebagai jendela, ventilasi dan hiasan.

Pada bagian yang lain pola intricate digunakan sebagai secondary skin atau hanya ditempel pada dinding sebagai hiasan. Bagian jendela juga menggunakan pola intricate warna warni kaca jendela agar tampilan masjid ada suatu irama dan lebih menarik. Sebagai point of interest dibuat lengkungan di bagian tengah fasad yang mendominasi tampilan masjid. Hal ini juga diaplikasikan di dalam interior masjid pada tanda mihrab tanpa ceruk hanya berupa geometri pola intricate berupa ukiran kayu. Demikian salah satu aplikasi dekorasi geometris Islam pada fasad masjid semoga dapat menjadi referensi bagi pembaca setia griya.

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS