Arsitek : Tymar Nurhasan/Suryaning Setyowati Arsitek : Tymar Nurhasan/Suryaning Setyowati

Konsultasi Desain Rumah : Desain Unik Masjid di Gang Sempit

2400 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

RUMAH190.COM–Kami selaku takmir bermaksud merenovasi secara total masjid di lingkungan kampung kami. Letaknya di lingkungan kampung yang diapit dua gang sempit. Dengan kondisi sekarang yang ada kami menginginkan pemisahan ruang wudhu dan desain masjid minimalis yang tidak mepet dengan jalan gang kampung sehingga masjid lebih nyaman, terbuka serta jamaah laki-laki perempuan tidak terganggu saat berwudhu. Kami juga menginginkan masjid modern dengan kubah di bagian atap sebagai penanda keberadaan masjid. Atas segala bantuan kami ucapkan terima kasih.

Susanto,
Takmir Masjid Al Huda, Delanggu

Rancangan kami awali dengan mengatur organisasi ruang yang awalnya tempat wudhu menyatu antara laki-laki dan perempuan maka untuk memisahkan tempat wudhu perlu menggeser ruang sholat sehinggatempat wudhu ada di sebelah utara dan selatan masjid.Ruang wudhu laki-laki diletakkan di bagian utara karenaletaknya lebih terbuka dan mudah dicapai dari gang samping. Serambi masjid agak dikurangi agar tidak mepet dengan jalan dan diubah menjadi teras yang menyambung dari selatan, timur dan utara. Agar terkesan lebih megah posisi masjid ditinggikan serta diberi kubah.

 

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS