tipe 50

Konsultasi Desain Rumah: Ide Pengembangan Rumah Tipe 50

954 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

Karya desain yang ditampilkan saat ini adalah merupakan hasil pengembangan hunian berupa rumah tipe 50. Perumahan di mana rumah ini berdiri terletak di bagian utara Kota Solo. Rumah ini dimiliki pasangan muda yang saat ini merantau dan tinggal di tanah Papua. Rumah yang dimiliki cukup lama ini dimaksudkan sebagai tempat naungan saat keluarga ini rindu kampung halaman.

Pada awalnya rumah hanya memiliki ruang tamu, dua kamar tidur, dapur dan 1 kamar mandi. Hasil pengembangan membentuk rumah dengan pola hunian vertikal, dengan banyak bukaan. Bisa berupa void ataupun taman dalam rumah sebagai pembentuk aliran sirkulasi udara.

Rumah didesain menjadi dua lantai dengan pola ruang yang mengalir. Pada lantai satu terdapat ruang tamu, musala, ruang tidur tamu, kamar mandi dan dapur. Semua ruang terhubung dengan taman terlindung di bagian belakang. Sedangkan pada lantai kedua diletakkan ruang tidur utama dan ruang tidur anak. Tidak lupa terdapat ruang jemur yang terpisah.Fasade dibuat simpel menganut gaya urban yang praktis dan elegan mengingat pemilik adalah pasangan muda yang aktif. Semoga bermanfaat.

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS