Arsitek/ Widyastuti N Arsitek/ Widyastuti N

Konsultasi Desain Rumah : Konsep dan Desain Rumah Nyaman Islami

1018 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

RUMAH190.COM–Indonesia merupakan negara yang penduduknya mayoritas muslim, maka sudah selayaknya apabila kita mengembangkan ruman nyaman berkonsep islami sesuai tuntunan dalam Alquran dan hadis. Rumah nyaman islami dapat dilihat dari konsep dan desain penataan ruangnya.

Hakikat rumah nyaman islami adalah sebagai bentuk abstrak perlindungan Allah di bumi yang diusahakan manusia untuk tempat hidup dan hanya dapat dinyatakan apabila kita berbuat untuk mewujudkannya. Karakter rumah tinggal islami bersifat privat dan kondusif untuk mengamalkan ketakwaan kepada Allah (mengamalkan tauhid, ibadah, muamalah dan akhlak sesuai Alquran dan hadis).

Fungsi rumah tinggal islami adalah rumah nyaman yang berfungsi untuk mewadahi aktivitas takwa. Nilai Ketakwaan diamalkan dalam tauhid, ibadah, muamalah dan akhlak. Hal itu terangkum dalam hablum minallah, hablum minannas dan hablum minal alamin. Aktivitas hablum minallah merupakan aktivitas spiritual menyembah Allah. Aktivitas hablum minannas merupakan aktivitas hubungan dengan sesama manusia, meliputi aktivitas belajar/halaqah, aktivitas biologis, menerima tamu dan aktivitas sosial. Aktivitas hablum minal alamin merupakan aktivitas hubungan dengan lingkungan dan alam semesta, meliputi pelestarian alam dan hemat energi. Hal itu terlihat pada gambar 1.

Penataan ruang rumah nyaman islami berkonsep muhrim berdasarkan struktur keluarga muslim terlihat pada gambar 2, melahirkan zona publik, zona semi privat, privat dan paling privat, sedangkan zona pelayanan merupakan zona servis Tata ruang rumah tinggal islami, terlihat padagambar 3 (a) ruang shalat, ruang bersuci, ruang dengan seni tauhid, (b) ruang tamu berhijab,(c) ruang tidur, ruang makan, kamar mandi dan ruang multifungsi, (d) ruang berorientasi kiblat, dan (d) hidden architecture.

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS