kampus IV

Konsultasi Desain Rumah: Konsep Islami pada Kampus IV UMS

431 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

Kampus IV Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) merupakan satu dari lima klaster fasilita pendidikan yang ada di UMS. Kampus IV terletak di Desa Gonilan, Kartasura, Sukoharjo. Keunikan masterplan kampus IV sebenarnya sangat terkait dengan konsep arsitektur Islam yang dikembangkan.Visi UMS sebagai Pusat Pendidikan Islam dan Pengembangan IPTEK yang Islami serta memberi arah perubahan menjadi inspirasi konsep masterplannya.

Pertama, master plan harus fungsional (hasan) dalam arti mampu mendorong sikap tauhid dan akhlaqul karimah. Kedua, master plan harus baik (thoyib) dalam arti menjadi rahmat bagi seluruh alam (rahmatan lil alamin) melalui pengembangan desain yang bersifat universal, rasional, peduli dan mampu membentuk peradaban. Ketiga, masterplan harus indah (jamil),tidak mendorong/menjerumuskan pada aktifitas syirik.

Setelah dilakukan analisis kebutuhan ruang yang menghasilkan empat zona kawasan, yaitu zona masjid, zona kedokteran, zona kependidikan dan zona hunian. Hubungan ruang dari keempat zona tersebut membentuk pola konsentrik dengan masjid sebagai pusat kawasan.

Dari pola tata masa tersebut, didesain pola jalan utama sebagai pengikat struktur kawasan. Selain menjadikan masjid sebagai pusat kawasan, salah satu aplikasi dari orientasi tauhid (pengesaan Allah SWT) adalah dengan mengorientasikan seluruh komponen kawasan ke arah Kakbah (Masjidil Haram) secara tegas.

Dari Kartasura, arah kiblat berada pada 294,45 derajat. Arah ini menjadi sumbu imajiner. Jalan utama ditetapkan sejajar dengan sumbu imajiner ini. Semua bangunan dan jaringan jalan maupuntatanan elemen geometris lainnya dibuat sejajar, tegak lurus atau membentuk sudut 45 derajat terhadap sumbu kiblat.

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS