konsultasi 2

Konsultasi Desain Rumah : Luas dan Sesuai Kebutuhan

893 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

Pengasuh Konsultasi Griya yang terhormat,saya mempunyai lahan berbentuk persegi dengan luas 15 m X 25 m, di sebuah perumahan yang telah padat bangunan. Lahan itu akan saya dirikan bangunan
untuk tempat tinggal. Saya menginginkan rumah tinggal 2 lantai dengan balkon yang leluasa, baik di bagian depan maupun belakang rumah.

Ruangan yang saya butuhkan adalah 6 ruang tidur (1 ruang tidur utama, 2 ruang tidur anak, 1 ruang tidur nenek dan 2 ruang tidur tamu/family), ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan
yang leluasa, dapur, gudang, kamar mandi/wc (terutama di ruang tidur,ruang tidur anak dan ruang tidur nenek), tempat jemur, ruang setrika (di lantai 2) dan garasi. Saya menghendaki halaman belakang luas, untuk tempat bermain anak-anak, sekaligus berolah raga. Terima kasih atas perhatian dan saran yang diberikan.
Ibu Lilik
Sukoharjo
Ibu Lilik yang baik, Tanah berukuran 15 m x 25 m adalah luas dan sangat memungkinkan untuk dibangunrumah sesuai yang ibu inginkan. Rumah tinggal yang ibu kehendaki kami rancang dengan konsep modern tropis. Ruang-ruang tersusun dengan mengutamakan aspek pencahayaan dan penghawaan
alami secara optimal. Ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan didesain terbuka dan leluasa, sehingga ruang-ruang yang menjadi center dalam rumah tinggal ini, mudah diakses dari ruang-ruang lainnya serta nyaman untuk dihuni. Terdapat void di bagian belakang (ruang makan) sebagai lubang untuk membuang udara panas dari lantai bawah. Kolam ikan di sisi barat rumah yang bersebelahan dengan dua ruang tidur dan musala akan memberikan efek dingin pada ruang-ruang tersebut.

Denah lantai satu tersusun atas ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, musala, ruang tidur nenek, ruang tidur utama,ruang tidur family, dapur, kamar mandi/wc, gudang, dapur serta garasi.
Lantai dua terdiri atas ruang tidur anak, ruang tidur family, ruang kumpul keluarga dan ruang service (ruangcuci, tempat jemur serta ruang setrika).Ruang tidur anak, keduanya memperoleh view ke arah luar, melalui balkon. Balkon dapat diakses juga dari ruang keluarga.

Tampilan bangunan memperlihatkan penekanan pada perolehan cahaya alami dan udara alami, dengan didukung bentuk atap, jendela-jendela kaca serta lantai menggantung di atas kolam.
Permainan tritisan pada balkon sangat tampak sebagai sun shading, yang akan melindungi bangunan dari panas matahari sekaligus air hujan. Balkon ada di bagaian depan dan belakang rumah,
dengan bentuk yang sama. Penggunaan material kayu ditonjolkan sekali, sebagai salah satu karakteristik bangunan tropis. Tampak depan rumah khususnya bagian menyudut arah barat dan selatan (bagian ruang tidur utama) dibuat menggantung, sehingga sebagian kecil luas lantai ruang tidur ada di atas kolam. Keadaan ini memberikan kesejukan di dalam ruang (karena celah-celah lantai kayu merupakan media masuknya udara sejuk dari dalam kolam). Terimakasih.

 

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS