konsultasi3

Konsultasi Desain Rumah : Masjid Oval Solusi Lahan Kurang Ideal

867 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

Bentuk masjid pada umumnya berbentuk bujur sangkar atau persegi panjang. Lahan bagi masjid tersebut idealnya memiliki bentuk serupa dengan ukuran yang jauh lebih luas, agar dapat menampung aktifitas yang menyertai kegiatan utama di masjid. Selain itu, dengan lahan yang luas, skala monumental masjid dapat dicapai.

Ketika pada suatu kondisi lahan yang tersedia bagi masjid kurang ideal, bagaimana upaya agar bangunan dapat ditempatkan sesuai kaidahnya dan terlihat menonjol di antara bangunan yang lain agar orang mudah mengenali? Contoh upaya yang dilakukan seperti pada desain masjid di kompleks hunian yang ditempati para dosen dan karyawan UMS. Lahan yang tersedia berbentuk persegi agak pipih memanjang ukuran 21 m x 9,5 m.

Daya tampung yang diharapkan adalah 50 jamaah, dan dapat menampung bangunan pendukung berupa ruang wudu, kamar mandi, dan halaman. Setelah dilakukan cek awal arah kiblat sebagai syarat axis (sumbu) hadap masjid menggunakan aplikasi locator kiblat, ternyata arahnya tidak sama dengan bentuk lahan. Arah kiblat di lokasi tersebut adalah 294,55° dari utara atau 24,55° dari barat ke arah barat laut. Apabila tipologi bentuk bangunan bujur sangkar atau persegi panjang diterapkan, sudut-sudut bangunan akan terkena garis sempadan. Bila akan menghindari garis sempadan, ukuran masjid akan jauh lebih kecil sehingga daya tampung yang diharapkan tidak
tercapai.

Muncul ide bentuk bangunan dibuat oval untuk menyiasati kondisi tersebut. Seperti terlihat di gambar, bentuk oval akan membuat sumbu masjid tetap ke arah kiblat, terbebas dari garis sempadan, dan ukuran masih relatif luas. Sebagai penyelesaian arsitekturalnya, masjid didesain terbuka dengan kaca-kaca lebar agar welcome kepada lingkungan namun tetap terjaga privasinya melalui pelingkup luar. Penggunaan rooster yang cukup dominan diharapkan menjadikan udara di dalam masjid sejuk secara alami. Masjid dengan bentuk unik yang sedang dalam proses pembangunan ini diharapkan menjadi landmark atau “tetenger” kawasan.

 

 

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS