konsultasi rumah

Konsultasi Desain Rumah: Membangun di Lahan Tak Beraturan

485 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

Saya mempunyai lahan menghadap ke timur dengan bentuk yang tidak beraturan Lahan tersebut bekas gudang dan saya bermaksud merenovasinya menjadi rumah tinggal sekaligus untuk ruang usaha menjahit pakaian. Ruang-ruang yang dibutuhkan adalah ruang menjahit seluas ± 10m², ruang tamu, kamar tidur utama dengan kamar mandi dalam, dua kamar tidur anak, dapur,dan dua kamar mandi. Mohon saran untuk memaksimalkan lahan yang ada.
Harun, Sukoharjo

Berdasarkan kondisi lahan yang berbentuk segitiga dan luas lahan yang terbatas, rancangan desain menggunakan pemisahan zona yaitu zona semi publik dan privat. Lantai satu merupakan zona semi publik yaitu untuk ruang usaha menjahit, ruang tamu, ruang keluarga dan ruang servis.

Sedangkan lantai dua digunakan untuk zona privat yaitu kamar tidur dan ruang keluarga.
Akses dari luar menuju area rumah dan ruang usaha dibuat terpisah. Namun ruang usaha terhubung dengan hunian agar memudahkan mobilitas penghuni dari ruang usaha ke ruang hunian.

Penghawaan alami pada lantai 1 dan 2 dihasilkan dari ventilasi silang melalui bukaan pintu dan jendela pada bagian depan rumah (menghadap timur) dan dialirkan menuju area taman (void) sehingga aliran angin dapat mengurangi panas pada ruang-ruang dalam. Untuk pencahayaan alami dihasilkan dari jendela kaca yang transparan sehingga cahaya dapat menerangi ruang dalam secara maksimal.

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS