konsuktasi nov 2

Konsultasi Desain Rumah : Membangun Rumah Bergaya Klasik

253 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

Saya memiliki lahan kavling dengan ukuran lebar 8 meter dan panjang 15 meter, dengan sisi lebar menghadap ke jalan lingkungan. Saya ingin membangun rumah dengan 3 kamar tidur, 1 kamar pembantu, ruang makan, ruang tamu, dapur dan tempat cuci. Namun saya agak bosan dengan model minimalis yang sekarang sedang tren. Saya justru ingin rumah saya bergaya seperti rumah-rumah tahun 1950-an atau 1960-an. Terima kasih.

Ny. Ary Aryawati, Delanggu, Klaten

Terima kasih Ibu Ary Aryawati atas pertanyaannya. Keinginan ibu untuk membangun rumah bergaya tahun 1950- 1960-an kami coba bantu dengan rancangan baru.Pada tahun tersebut banyak dibangun rumah bergaya klasik. Gaya ini akan tetap bertahan lama sepanjang tahun, di mana ciri khas bangunan era tersebut adalah atap model limasan atau kampung dan lebih mengutamakan penggunaan material alam untuk elemen bangunannya.

Tiga kamar tidur kami rancang terdiri atas satu kamar tidur utama dengan kamar mandi dalam, dua kamar tidur anak dengan kamar mandi di luar.Ruang tamu dan teras berada di depan, kemudian menyambung dengan ruang makan dan sekaligus dapat berfungsi juga untuk ruang keluarga. Dapur, area cuci, jemur dan kamar pembantu merupakan daerah servis yang kami letakkan di belakang. Pintu utama adalah pintu masuk ke rumah lewat ruang tamu, pintu samping terletak dekat carport/ garasi untuk memudahkan sirkulasi servis. Karena lahan masih tersisa, maka kami tambahkan carport, kolam dan taman yang terletak di depan ruang makan dan taman di halaman luar.
Pintu dan jendela bergaya klasik, berupa pintu panil jati dan jendela krepyak, masing-masing dengan ventilasi kayu jati yang lebar untuk sirkuulasi udara.Tembok bagian bawah menggunakan material batu kali, bagian atas tembok bata. Material pagar berbahan bata merah ekspose, material penutup atap dari genteng dan kolom teras dari kayu jati

 

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS