konsultasi desain rumah,konsultasi desain rumah minimalis,desain rumah,desain rumah minimalis,desain bangunan. konsultasi desain rumah gratis, konsultasi desain rumah online, konsultasi desain rumah solopos konsultasi desain rumah,konsultasi desain rumah minimalis,desain rumah,desain rumah minimalis,desain bangunan. konsultasi desain rumah gratis, konsultasi desain rumah online, konsultasi desain rumah solopos

Konsultasi Desain Rumah : Menyiasati Ruang Sempit

1656 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

Saya memiliki rumah tipe 36 dengan denah seperti yang terlampir.Saya ingin menambah ruangan yaitu satu lagi kamar tidur tambahan,dapur, tempat cuci dan tempat jemur, dengan tetap menyisakan lahan untuk taman kecil atau ruang terbuka. Mohon bantuan pengasuh untuk memberikan saran bagi tambahan ruang yang saya perlukan tersebut.

Cecilia P.
Palur, Jaten, Karanganyar.

Seiring perkembangan kebutuhan keluarga, sangat sering pengembangan rumah tinggal menjadi tantangan tersendiri. Pertanyaan yang sering muncul terkait dengan optimasi fungsi dengan ruang yang relative sempit. Dari bentuk site yang ada saat ini, penambahan kamar tidur dan dapur dapat dengan mudah dilakukan di bagian belakang.

Untuk kamar tidur tambahan,lebih tepat diletakkan berderet dengan kamar tidur lainnya. Catatan yang perlu diperhatikan adalah mengenai ukuran kamar tidur [3] ini yang “sebaiknya” mempunyai lebar sedikit kecil (2,30 m X 2,70 m). Dengan demikian, kamar tidur [2] tetap mempunyai kesempatan untuk mendapatkan cahaya alami. Untuk memaksimalkan cahaya matahari masuk ke kamar tidur [2], jendela dapat diganti menggunakan jendela dengan ukuran “langsing” yang panjang.

Dengan pertimbangan keterbatasan ruang yang ada, dapur sebaiknya ditempatkan di belakang kamar makan dengan gaya open layout. Selain untuk memaksimalkan sirkulasi udara dapur, dengan cara seperti ini kegiatan di ruang belakang yang sempit akan menjadi lebih leluasa. Jika diinginkan,area ini bahkan dapat menjadi ruang bersama baru di bagian belakang rumah. Untuk itu, ruang dapur barangkali perlu mengambil sedikit ruang di kamar makan, sekitar 0,5 m ke dalam.Tentu saja ini akan membuat kamar makan menjadi sedikit lebih sempit. Salah satu cara untuk menyiasatinya adalah dengan mengganti jendela dengan bukaan yang panjang ke bawah dan pintu dengan model geser berkaca bening.

Ruang cuci dapat ditempatkan di ujung ruang dapur, dengan ukuran sekitar 1,40 m X 1,40 m. Ada dua alternatif untuk ruang jemur pakaian. Alternatif pertama, ruang jemur dapat mengambil sebagian area taman. Alternatif kedua, ruang jemur berada di atas beton atap dapur. Untuk ringkasnya, tangga putar dapat digunakan dan kegiatan mencuci dapat dilakukan di bawah tangga ini. Tentu saja perlu diperhatikan pilihan jenis lantai yang tidak licin untuk pertimbangan keamanan dan kenyamanan.

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS