konsuktasi nov3

Konsultasi Desain Rumah : Menyulap Rumah Tinggal Menjadi Sekolah

275 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

Fenomena alih fungsi bangunan dipengaruhi oleh banyak antara lain mahalnya membuat bangunan baru, mahalnya biaya sewa, karena proses jual beli, bangunan yang diwakafkan dan sebagainya. Hal ini sangat mempengaruhi fungsi bangunan baru dengan kondisi bangunan lama yang dialihfungsikan. Lay out ruang dan bentuk bangunan lama cenderung untuk dirubah dan disesuaikan dengan fungsi baru.

Salah satu contoh alih fungsi bangunan adalah rumah tinggal yang difungsikan menjadi taman kanak-kanak. Taman kanak-kanak mengakomodasi karakter murid TK yang memiliki energi yang besar sehingga diperlukan suatu pembelajaran yang sangat tepat sehingga berkembang kemampuan
motorik kasar maupun halus. Anak seusia TK cenderung bergerak aktif untuk bermain baik secara individu maupun berkelompok dengan temanteman seusianya sehingga membutuhkan ruang gerak yang nyaman untuk beraktifi tas. Untuk menyalurkan kegiatan murid, umumnya TK menyediakan ruang bermain outdoor yang berada di halaman sekolah.

Sebagai contoh desain alih fungsi rumah tinggal menjadi taman kanak-kanak adalah renovasi TPAB Intan Permata Aisyiah Ranting Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo. Tantangan desain yang dihadapi adalah bangunan rumah yang akan dialihfungsikan terletak di lingkungan perumahan padat sehingga banyak ruangan yang gelap dan kurang bukaan sehingga sirkulasi udara tidak nyaman.

Untuk itu ada dua solusi yaitu untuk memenuhi aktifitas pendidikan di dalam ruangan dibuat bangunan bertingkat dengan banyak bukaan dan untuk memenuhi kebutuhan ruang bermain outdoor menghilangkan beberapa bagian bangunan dan dibuat ruang bermain. Tampilan bangunan diberi finishing warna cerah dan ceria. Ruang bermain anak dilindungi oleh bangunan lantai 2 sehingga anak anak bisa bermain di luar ruang tetapi tetap terlindung panas dan hujan.

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS