kosnultasi 2 desember

Konsultasi Desain Rumah: Optimasi Dua Fungsi

433 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

Saya memiliki lahan di tepi jalan rayadengan lebar bidang yang menghadap jalan 6 meter dan panjang 10 meter. Saya bermaksud bengkel sepeda motor di lahan ini. Saya membutuhkan saran desain untuk bengkel di lantai bawah dan ruang tinggal di lantai 2. Di lantai bawah kebutuhan saya adalah ruang workshop bengkel dan gudang untuk suku cadang serta kamar mandi. Di lantai 2 saya perlu 1 kamar tidur/mess karyawan, dapur, kamar mandi dan tempat cuci/jemur. Terima kasih atas saran yang diberikan.

Putra
Mantingan, Ngawi

Saat ini ide pengembangan usaha mandiri di lingkungan rumah semakin meningkat. Sebuah rumah seringkali tidak lagi hanya harus dapat mewadahi fungsi tempat tinggal melainkan juga fungsi komersial seperti toko atau bengkel, seperti yang digagas oleh Pak Putra. Satu hal yang perlu dipertimbangkan, bagaimana pun fungsi rumah dan bengkel adalah dua kegiatan yang berbeda. Apalagi, karakter kegiatan bengkel biasanya bising dan kotor sehingga perlu strategi tertentu agar dua fungsi berbeda karakter tersebut tetap dapat saling berdampingan.

Untuk itu, fungsi rumah diletakkan di lantai II agar jauh dari kebisingan dan polusi asap kendaraan bermotor. Bahkan, akses menuju rumah ini juga dapat dilakukan melalui penyediaan pintu yang terpisah dari bengkel.

Fungsi bengkel terletak di lantai I yang terhubung langsung dengan meja etalase onderdil sepeda motor. Ruang etalase ini juga terhubung dengan gudang yang lebih besar di belakangnya. Satu toilet kecil mengambil ruang bawah tangga untuk keperluan pengunjung dan pengelola bengkel. Ruang servis motor dihubungkan dengan pintu dengan bukaan lebar di bagian depan dan satu buah pintu menuju taman belakang. Keberadaan taman belakang ini penting agar sirkulasi udara mengalir lancar mengusir polusi yang kemungkinan muncul dari kegiatan bengkel.

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS