konsultasi 02 nov

Konsultasi Desain Rumah : Pencahayaan Alami Maksimal Pada Rumah Tropis

945 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

Pada desain rumah tinggal kali ini, lahan tersedia berbentuk persegi dengan ukuran 15 x 15 m2. Pemilik menginginkan desain rumah tinggal dengan kamar tidur utama yang luas serta garasi yang cukup luas sehingga nantinya dapat dipergunakan untuk 2 mobil, dan ruangan terang dengan sirkulasi udara yang cukup.

Kamar mandi yang berada diluar dipisahkan dari toilet,dengan letak bersebelahan dengan musala. Ruang musala didesain fleksibel sehingga dapat juga difungsikan untuk kegiatan yang lain (misalnya untuk mengaji atau ruang kerja) karena didesain terbuka tanpa batasan dinding. Kamar tidur anak direncanakan dengan jendela menghadap ke timur sehingga mendapatkan sinar matahari yang baik di pagi hari. Sementara itu, kamar tidur utama yang terletak di belakang dibuatkan jendela dari arah utara untuk menghindarkan panas di sore hari.

Selain taman yang berada di depan rumah, pemilik juga menginginkan taman kering dan kolam di belakang yang bersifat lebih private. Taman yang dilengkapi teras ditempatkan di samping bangunan yang menghadap ke arah utara sehingga teras menjadi tempat nyaman dan teduh untuk digunakan bersantai keluarga di sore hari. Ruang teras di samping rumah juga menjadi sumber cahaya dan pertukaran udara menuju ruang keluarga karena direncanakan dengan jendela kaca dan pintu yang lebar.

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS