konsultasi desember

Konsultasi Desain Rumah: Permainan Warna yang Tonjolkan Rumah

345 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

Sebagai salah satu unsur komposisi, warna merupakan komponen kedua setelah bentuk yang sangat kuat dan fungsional dalam memberikan atribut dalam obyek. Warna merupakan elemen yang dari jauh pun sudah sangat terlihat. Dengan demikian pemilihan warna menjadi sangat penting untuk dipertimbangkan secara matang.

Penggunaan warna dalam rumah dengan bentuk sederhana sebagai elemen pembentuk karakter diterapkan pada rumah tinggal milik Ir. Anung Caksono Adi di Jetis Permai Gang VI/20,Gentan, Baki, Sukoharjo. Pada awalnya rumah seluas 36 m2 dengan luas tanah 113 m2 itu pada 2006 direnovasi menjadi 2 lantai. Bentuk diilhami dari atap tradisional Jawa panggang Pasimetris dengan elemen gaya minimalis serta penggunaan 2 warna kontras yaitu merah dan abu-abu.

Lantai 1 digunakan untuk ruang tamu, garasi, satu kamar tidur orang tua dan dapur. Lantai 2 digunakan untuk ruang keluarga dua kamar tidur anak , ruang tidur tamu, musala dan ruang tidur pembantu dengan akses tangga tersendiri.

Pada desain rumah ini elemen warna merupakan hal utama sebagai ekspresi dari karakter penghuni, sehingga mencipkan keseimbangan. Warna merah yang berkesan panas dan ceria dipadukan dengan warna abu-abu kebiruan yang memberi efek dingin dan tenang.

Bentuk asimetris menjadi suatu pilihan yang ingin sedikit berbeda dari rumah-rumah yang terdapat di sekitarnya. Atap panggang P tanpa talang berguna untuk menghindari kebocoran dalam jangka waktu lama.

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS