konsultasi1

Konsultasi Desain Rumah: Rumah 2 Muka, Hunian dan Minimarket

1179 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

RUMAH190.COM–Dengan hormat, saya punya sebidang tanah berbentuk trapesium dengan panjang 12m dan lebar di kedua sisinya 9 m dan 13 m. Tanah tersebut diapit dua jalan. Jalan di sebelah utara lebih lebar (5m) dari pada jalan di sebelah selatan (4 m). Di atas tanah tersebut ingin saya bangun sebuah bangunan yang multifungsi, untuk rumah tinggal dan minimarket. Selain itu saya ingin punya 4 ruang tidur, 1 ruang tidur utama, 2 ruang tidur anak dan 1 ruang tidur tamu. KM/WC ada 2, ruang tamu, dapur dan ruang makan. Mohon desain dari konsultan griya, agar rumah yang saya bayangkan dapat menjadi kenyataan.

Terima kasih.

Harto, Kaliwungu, Kendal.

Bapak Harto di Kendal yang kami hormati, lahan yang bapak miliki cukup luas dan sangat strategis. Adanya 2 jalan yang mengapit, merupakan potensi tersendiri. Potensi ini akan kami optimalkan, terutama untuk mendapatkan akses yang berbeda antara hunian (rumah tinggal) dan minimarket (perdagangan). Selain itu desain rumah ini dapat menerapkan konsep bangunan hemat energi melalui penghawaan dan pencahayaan alami.

Untuk mendapatkan denah atau tata ruang yang baik, bangunan dibagi menjadi 2 zona utama yaitu zona minimarket dan zona hunian. Zona minimarket ditempatkan di sebelah utara, mendekati jalan yang lebih lebar, karena lebh menarik bagi pembeli. Aktivitas bongkar muat barang serta parkir pengunjung (pembeli) juga lebih leluasa di zona ini. Di sebelah selatan merupakan zona hunian. Penghuni maupun tamu yang datang ke rumah tinggal tidak akan tertanggu dengan aktivitas minimarket.

Minimarket yang transparan mendominasi fasad (tampilan) di sisi utara. Selain mudah diakses, display barang dagangan akan jelas terlihat dari jalan. Di sebelah minimarket (di sisi timur), diletakkan kamar tidur yang posisinya dimundurkan 3,5 m sehingga cukup tersedia area loading-unloading dan parkir bagi pembeli. Ruang tamu di zona selatan diletakkan di bagian tengah agar tampilan lebih seimbang. Melalui cara ini juga memungkinkan kamar berada di sisi depan, berhubungan dengan ruang terbuka. Udara segar dapat dialirkan ke ruang tidur dan ruang-ruang lainnya melalui jendela dan bouvenlicht.

Ruang-ruang yang jauh dari udara terbuka disediakan inner garden (taman di dalam). Selain menyejukkan ruangan, taman dan kolam di inner garden akan mendorong terjadinya aliran udara ke atas (karena tekanan udara di bagian atas lebih renggang). Taman di halaman depan juga turut memperbaiki kualitas udara yang ada, suhu lebih dingin dengan kandungan O2 yang cukup besar. Penggunaan kaca dioptimalkan pada daun pintu dan jendela sehingga ruangan menjadi terang, memperoleh cahaya secara alami.

Terima kasih

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS