apotek kos

Konsultasi Desain Rumah: Rumah Indekos dan Apotek

448 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

Saya memiliki tanah berukuran 250 m2 dengan ukuran panjang 25 meter dan lebar 10 meter. Di lahan ini saya ingin membangun tempat indekos 1 lantai dengan masing-masing kamar memiliki kamar mandi (kamar mandi dalam). Saya juga membutuhkan satu ruang untuk menjadi apotek di bagian depan. Mohon bantuan untuk perancangan yang baik.

S. Dimin
Bejen, Karanganyar

Saya menganjurkan pemecahan dengan lay out unit kamar tidur menyatu-terpisah. Artinya menyatu dalam satu bangunan tetapi terpisah secara visual. Dibandingkan penyelesaian konvensional secara inner court konsep ini relatif lebih memberi privasi , tidak mengganggu satu sama lain. View keluar dari kamar tidur diselesaikan dengan menambah tanaman bambu jepang/ kuning atau tanaman merambat untuk memberikan kesan soft (lembut) pada permukaan pagar samping.

Tempat jemur pakaian / parkir di tempat sela-sela antar blok kamar, perkerasan dengan menggunakan grass block (paving berumput), agar tanah kelihatan lebih hijau dan dengan harapan peresapan air yang lebih baik.

Tampak depan bangunan diselesaikan sederhana tanpa mengurangi tuntutan fungsi sebagai apotek. Apotik membutuhkan etalase sekaligus sebagai penyekat ruang peracik obat/gudang obat di belakangnya. Sebagian ruang lain difungsikan sebagai ruang tunggu. Fasade bangunan menggunakan bahan sederhana dengan tembok finishing cat. Tulisan nama apotek akan dapat terlihat dengan jelas pada bagian peninggian tembok (warna hijau). Latar belakang atap pelana sengaja diperlihatkan untuk memberikan kesan rumah (hunian kos) di bagian belakangnya.Semoga bisa menambah inspirasi.

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS