konsultasi rumah des

Konsultasi Desain Rumah: Rumah Indekos di Gang Sempit

664 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

Semakin berkembangnya populasi penduduk memicu perkembangan permukiman di suatu daerah. Ditambah pendatang yang biasanya bekerja di wilayah tertentu menyebabkan kebutuhan akan tempat tinggal. Dilatarbelakangi kebutuhan tersebut banyak didirikan rumah indekos baik berupa bangunan baru atau renovasi dari rumah tinggal.

Terkadang rumah indekos didirikan pada lahan yang berada di gang sempit. Hal ini akan merepotkan baik proses desain maupun pendirian bangunannya. Salah satu contoh karya desain rumah indekos dua lantai ini terletak di Boyolali yang berada di salah satu gang sempit dirancang dengan gaya minimalis. Gaya ini dipilih agar kesan simpel didapatkan sehingga mengurangi kesan sempit pada gang.

Skenario awal depan bangunan dimundurkan 4 m dari batas jalan yang hanya memiliki lebar 2 m. Hal ini bertujuan untuk memberikan ruang di depan bangunan dan difungsikan untuk tempat parkir. Selanjutnya bangunan dibuat dengan konsep terbuka yaitu membuat inner court di tengah yang diapit oleh kamarkamar kos baik lantai 1 dan 2. Inner court ini juga memberikan kesan luas, sirkulasi udara yang nyaman dan suasana ramah diantara kamarkos.

Selain itu tampilan bangunan dilengkapi dengan kisi-kisi dari besi sehingga walaupun terkesan terbuka tetapi tetap aman. Privasi diciptakan dengan meletakkan KM/WC di dalam kamar serta memberikan partisi sebagian di antara ruang tamu dan dapur sehingga aktifi tas di kamar mandi dan dapur tidak terlihat jika ada tamu. Untuk memberikan kesan minimalis warna yang dipilih adalah abu-abu pada dinding, warna hitam pada unsur vertikal yaitu pada pagar serta pemakaian batu tempel sebagai pemanis yang memberikan tekstur pada bangunan.

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS