konsultasi 31

Konsultasi Desain Rumah: Rumah Kos yang Nyaman

400 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.
Pertanyaan:
Saya memiliki lahan di Solo dengan ukuran depan 7,6m lebar belakang 8,5m dan panjang 19,5m Saya ingin membangun rumah kos 2lantai yg nyaman dengan kamar mandi dalam, ada kamar untuk saya bila singgah tiap Sabtu Minggu, dan memiliki parkiran yg bisa muat tiga mobi. Mohon saran tim pengasuh.

Terima kasih.
Heru
Sidoarjo
Jawaban:
Bapak Heru yang kami hormati, berikut kami desainkan rumah kos-kosan 2 lantai. Kenyamanan menghuni dapat diperoleh dari keleluasaan penghuni untuk beraktivitas, adanya sirkulasi udara yang lancar pada ruang-ruang dalam bangunan, pencahayaan yang memadai dan adanya suasana segar yang didapat dari tanaman.

Pada lantai 1 kami rencanakan untuk tempat singgah bapak apabila berkunjung, dilengkapi dengan
ruang tidur yang luas beserta kamar mandi dalam, ruang tamu sekaligus ruang keluarga dan dapur.
Kamar kos direncanakan cukup luas, dengan kamar mandi dalam, yang terdapat pada lantai 1 dan
lantai 2 bangunan.

Cahaya matahari untuk penerangan alami siang hari didapat dari bukaan kaca jendela yang cukup. Udara segar dan kelancaran sirkulasi udara didapat dari ventilasi yang cukup pada ruang kamar kos. Adanya “green area” berupa ruang terbuka hijau di sekitar site/lahan, bisa di sisi pinggir, depan atau tengah bangunan.

Ruang terbuka hijau atau taman sangat cocok untuk mengantisipasi polusi udara dan mendinginkan
suhu disekitarnya. Parkir mobil cukup untuk 3 mobil, bahkan masih cukup apabila ditambah parkir beberapa sepeda motor. Berikut kami sertakan gambar denah dan perspektifnya. Semoga berkenan.

 

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS