konsultasi 30

Konsultasi Desain Rumah: Rumah Minimalis Ramah Lingkungan

423 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

Rumah ramah lingkungan merupakan konsep desain yang berupaya untuk menjaga keseimbangan alam dan tidak merusak alam. Beberapa cara mewujudkan rumah hemat energi antara lain:

Penggunaan material kaca pada sebagian besar permukaan bangunan terutama pintu dan jendela untuk memasukkan cahaya matahari pada ruang dalam serta memperbanyak bukaan untuk proses sirkulasi udara pada ruang.Hal ini bertujuan memaksimalkan penggunaan energi alam.

Penyediaan lahan rumput yang banyak menghasilkan oksigen, memaksimalkan penyerapan air dan menyaring debu.

Pengolahan limbah rumah tangga dengan cara reuse atau recycling.

Contoh karya rumah minimalis ramah lingkungan dapat dilihat pada karya alumnus Arsitektur UMS, Fiean Dwi Adipraja, ST. Rumah tinggal milik Bapak Jon Rhea di Sambi, Boyolali dibangun di atas lahan 18×20,3m2 yang terdiri dari 2 lantai. Luas lantai 1 seluas 156m2 digunakan untuk ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, studio dan servis sedangkan lantai 2 seluas 72m2 digunakan untuk kamar tidur utama dan perpustakaan. Sebagai pemenuhan tuntutan rumah ramah lingkungan maka rumah tinggal ini dirancang dengan meminimalkan luas bangunan yaitu hanya 40% luas lahan, pemilihan material kaca sebagai pelingkup bangunan dan penyediaan lahan hijau sebanyak 60%.

Rancangan denah berbentuk pipih dan minimalis agar cahaya matahari dan sirkulasi udara dapat menjangkau ruang dalam. Manfaat lahan hijau yang dihadirkan pada rumah adalah sebagai area peresapan air, sebagai filter terhadap debu dan penyediaan oksigen sebanyak mungkin di dalam rumah.

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS