konsultasi 28

Konsultasi Desain Rumah: Rumah Muka Sempit Memanjang

295 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

Kepada yth Pengasuh Konsultasi Griya.
Mohon bantuannya untuk bisa mendisainkan rumah kami diatas tanah yang ukurannya 6 mX 16m (seperti gambar terlampir). Adapun kebutuhan ruang yang kami inginkan adalah 3 uang tidur , 1 ruang tamu, 1 ruang keluarga yang sekaligus berfungsi sebagai ruang nakan , 1 dapur, 2 kamar mandi dan tempat jemur di dalam. Bangunan dapat didesain bertingkat. Perlu kami informasikan juga bahwa tanah kami menghadap ke utara, disebelah kiri kami sudah ada bangunan 3 lantai, disebelah kanan kami sudah ada bangunan 4 lantai dan dibelakang kami ada rumah 2 lantai, Mohon bantuannya.

Ari Surakarta.

Kepada Bapak Ari yang kami hormati, saya ucapkan banyak terima kasih karena Bapak sudah mempercayakan disain rumahnya kepada kami. Dari apa yang bapak ceritakan, kami akan berusaha untuk membuat disain rumah tinggal bapak yang kecil, nyaman tapi memenuhi fungsi sebagai rumah tinggal. Kondisi lingkungan rumah tinggal bapak yang sudah dipenuhi bangunan bertingkatmembuat posisi rumah bapak akan berada pada posisi yang cukup sulit untuk memasukan unsur alam (cahaya dan angin) ke dalam bangunan.

Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan membuat bukaan semaksimal mungkin untuk memasukan angin ke dalam bangunan, sedang cahaya alam , dimasukan ke dalam bangunan dengan membuat bukaan di bagian atas. Dinding sebelah Timur dan Barat sudah tidak memungkinkan dibuat jendela, karena berimpitan dengan dinding bangunan tetangga, oleh karena itu posisi jendela di letakan disisi sebelah utara dan selatan. Dengan ukuran tanah yang kecil dan kebutuhan ruang yang cukup banyak, maka bangunan kami buat bertingkat dengan ada sedikit ruang untuk memasukan cahaya ke ruang di lantai 1. Kamar mandi kami letakan bersebelahan agar supaya pemipaan air bersih dan air kotornya pengaturannya lebih mudah, demikian juga dengan sumur resapan dan septik tanknya. Untuk lebih jelasnya kami tampilkan denah, tampak dan potongan serta gambar 3 dimensinya.

 

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS