lahan miring

Konsultasi Desain Rumah: Rumah Sederhana di Lahan Rendah

769 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

Saya memiliki lahan yang letaknya sekitar 2 meter lebih rendah dari jalan di depannya. Ukuran lahan saya lebar 9 meter dan panjang 15 meter. Saya ingin membangun rumah dengan 3 kamar tidur dan 1 kamar pembantu.

Farid, Karanganyar

Bapak Farid yang terhormat, kami berusaha merencanakan rumah bapak berdasar data yang bapak berikan. Namun data yang akurat diperlukan agar hasil rancangan sesuai, dalam hal ini kami belum tahu posisi kemiringan lahan terhadap jalan, berupa tebing atau tanah bekas sawah. Apabila kontur tanah diketahui dan tanahnya sudah keras, maka dapat dibangun rumah 2 lantai dengan basement.

Dalam kasus ini kami anjurkan untuk mengurug lahan terlebih dahulu hingga kedudukannya lebih tinggi dari jalan, baru kemudian dibangun. Kami rencanakan sesuai keinginan bapak untuk mempunyai tiga kamar tidur dan satu kamar pembantu. Disain rumah dilengkapi dengan teras, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, kamar mandi, tempat jemur dan garasi. Semoga bermanfaat.

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS