ARSITEK/M.S. Priyono Nugroho ARSITEK/M.S. Priyono Nugroho

Konsultasi Desain Rumah: Rumah Sempit Memanjang

2818 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

RUMAH190.COM–Salam Rubrik Griya Solopos. Saya mempunyai sebidang tanah dengan bentuk sempit memanjang seperti gerbong kereta api, ukuran lebar 7,5 meter dan panjang 32 meter. Rencana mau saya bangun rumah 2 lantai dengan gaya sangat minimalis. Saya ingin ada halaman depan, carport, ruang tamu, 1 kamar tidur utama ukuran besar, ada 4 kamar tidur lainnya, ruang sholat, 1 set dapur dengan meja saji seperti bar, ruang makan menyatu dengan ruang keluarga, ruang serba guna untuk berbagai acara, dan taman yang luas di belakang. Saya ingin lantai 2 didesain dengan komposisi 1/3 bagian dibangun saat ini, 1/3 bagian untuk pengembangan di masa depan, dan 1/3 bagian dibiarkan satu lantai. Mohon agar disiasati dengan bentuk lahan yang seperti ini, kenyamanan tetap terjaga. Terima kasih.

(Indra Setya, Jogja)

Bapak Indra, lahan rumah Anda unik karena bentuknya yang sempit dan panjang. Strateginya adalah menempatkan taman terbuka (dengan lubang di atap) di beberapa tempat agar sinar matahari dan penghawaan alami dapat masuk ke dalam bangunan. Ruang-ruang semi publik seperti teras, ruang tamu, ruang serba guna, dan meja saji (seperti mini bar) diletakkan di daerah depan, sementara kamar tidur diletakkan di area tengah dan belakang. Ruang tidur utama diletakkan paling belakang untuk menjamin privasi dengan tetap memiliki akses visual ke taman belakang. Ruang serba guna yang dapat digunakan sebagai tempat pengajian, arisan, dan pertemuan warga diletakkan di lantai 2 agar tidak mengganggu privasi keluarga. Tampilan muka bangunan dibuat sederhana namun atraktif dengan permainan box yang dimaju mundurkan. Selamat membangun!

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS