gapura bali

Konsultasi Desain Rumah: Sentuhan Solo di Pulau Dewata

465 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

Atmosfer arsitektur tradisional Jawa khususnya gaya Solo dapat ditampilkan di daerah lain yang juga memiliki ciri khas budaya yang kental, salah satunya Bali. Hal ini bisa dilihat di sebuah kompleks bangunan restoran di Denpasar, Bali.

Restoran milik sebuah biro perjalanan ternama di Bali ini memiliki keunikan yaitu menghindangkan masakan khas Jawa yang disajikan dengan teknikrijstaffel. Rijstaffel adalah penyajian dengan cara setiap menu makanan dibawa oleh satu pramusaji yang menghampiri tamu. Uniknya, proses penyajian ini dilakukan dengan iringan tari-tarian tradisonal Jawa.

Untuk lebih menguatkan karakter arsitektur Jawa di lingkungan kawasan yang didominasi arsitektur Bali, arsitek membuat gerbang di entrance area yang memiliki karakter khas Jawa khususnya Solo. Gerbang perlu mudah dikenali karena posisi restoran di ruas jalan ring road di mana lalu lintas berjalan cepat.

Hasil diskusi dengan klien dipilih ide bentuk gapura Keraton Surakarta di Pasar Klewer atau Gapura Gading, bentuk atap joglo, dan visualisasi gunungan. Alasan dipilihnya bentuk tersebut agar memudahkan wisatawan untuk cepat mengenalinya mengingat bentuk tersebut sangat khas dan identik dengan Solo. Bentuk gunungan dipakai untuk lebih menguatkan karakter sekaligus menyiratkan makna positif berupa kebijaksanaan hidup. Klien juga menginginkan visualisasi teknik penyajian rijstaffel pada gerbang tersebut dan dapat terlihat pada malam hari.  Untuk itu diaplikasikan neon sign di bagian puncak gerbang. Tata cahaya di malam hari diatur sedemikian rupa sehingga sosok gerbang tersebut dapat menampilkan karakter dengan jelas. Seluruh material gerbang menggunakan bahan GRC (Glassfi bre Reinforced Concrete) pracetak yang kuat, ringan, dan dapat dibentuk sesuai keinginan.

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS