konsultasi

Konsultasi Desain Rumah: Solusi Rumah Kecil, Privasi Tetap terjaga

1573 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

Rumah semestinya dirancang dengan baik agar produktif secara ekonomi,sosial, dan fisik dengan tetap memperhatikan keberlanjutannya. Fungsi utama rumah adalah untuk tempat tinggal bagi penghuninya. Di rumah penghuni dapat beristirahat dan melakukan aktivitas yang sifatnya pribadi tanpa diketahui orang lain. Fungsi-fungsi yang strategis dikembangkan pada sebuah rumah, harus ditata penzonaannya dan didesain sedemikian rupa sehingga privasinya tetap terjaga. Penerapan konsep privasi dengan baik akan memungkinkan berkembangnya fungsi sosial dengan baik pula.

Dalam Islam konsep ini berdasarkan hukum ’mahram’ yang melahirkan desain ’hijab’(pembatas ruang). Melalui penempatan hijab yang benar aktivitas privat di rumah tidak akan terganggu oleh aktivitas publik. Terkait dengan konsep mahram di atas, maka ruang tamu seyogianya terpisah (terhijab) secara visual dengan keluarga atau ruang-ruang lainnya.

Pengaturan hijab di atas tidak terlalu sulit jika rumah cukup luas. Jika rumah berukuran kecil (tipe 36 m2 misalnya) permasalahannya lebih rumit. Biasanya ruang tamu dan ruang keluarga menyatu karena akan terkesan sangat sempit dan kurang fl eksibel jika ditempatkan hijab pada ruang ini. Kegiatan pemilik rumah di area privat dapat dilihat dari area publik, dapat dilihat orang lain yang bukan mahramnya.

Sebagai solusinya, alternative desain yang direkomendasikan adalah dengan menambah (menempatkan) ruang tamu di teras rumah (ruang tamu terbuka). Dengan ditempatkan ruang tamu di teras menjadikan penghuni rumah lebih leluasa beraktivitas. Dikarenakan fungsinya publik, maka ruang tamu terbuka ini bisa menggunakan tanaman hias dan rambat sebagai atapnya (pergola). Selain murah, penggunaan elemen tanaman akanmenjadikan rumah lebih sejuk, tampak asri dan indah.

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS