konsultasi desain rumah,konsultasi desain rumah minimalis,desain rumah,desain rumah minimalis,desain bangunan. konsultasi desain rumah gratis, konsultasi desain rumah online, konsultasi desain rumah solopos konsultasi desain rumah,konsultasi desain rumah minimalis,desain rumah,desain rumah minimalis,desain bangunan. konsultasi desain rumah gratis, konsultasi desain rumah online, konsultasi desain rumah solopos

Konsultasi Desain Rumah : Split Level Agar Lapang

2157 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.
Pengasuh rubrik yang terhormat, saya memiliki lahan kavling berukuran lebar (muka) 7 meter dan panjang 18 meter. Saya pernah melihat beberapa gambar di mana ada rumah yang didesain dengan tinggi permukaan lantai di dalam rumah berbeda, semisal ruang tamu lebih rendah daripada ruang di belakangnya. Saya memohon bantuan saran desain rumah yang semacam itu.Terima kasih atas saran yang diberikan.

Wibowo
Tingkir, Salatiga

Pak Wibowo yang baik, desain rumah seperti yang bapak inginkan disebut split level. Konsep ini awalnya untuk menyiasati luas yang terbatas. Dalam perkembangannya split level digunakan juga untuk membedakan zona ruang agar lebih berdimensi. Ketinggian lantai menjadi alat pemisah sebuah ruang, ketimbang menggunakan dinding. Rumah untuk bapak dirancang dengan pemisahan ketinggian lantai mulai dari depan, yaitu carport dan garasi (±0,00), teras (+0,50), ruang tamu (+0.75) dan naik lagi ke ruang keluarga (+2,00). Kenaikan level ruang yang tidak terlalu tinggi dimaksudkan untuk kenyamanan. Ruang tamu berada di level bawah dan terpisah oleh tangga untuk memberikan kesan privasi bagi tamu. Tangga pemisah ruang tamu dengan ruang-ruang lain bisa dibuat lebih berkesan akrab dengan finishing material kayu. Ruang tidur, ruang keluarga, ruang makan, dapur dan ruang penunjang lainnya, dirancang dalam level yang sama (+2,00) untuk memudahkan interaksi anggota keluarga dan lebih menyatukan ruang-ruang aktivitas utama. Kesan rumah bertingkat akan tampak pada fasade, di mana seolah rumah ini terdiri atas 2 lantai,padahal sesungguhnya tidak.

 

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS