konsultasi 15 10

Konsultasi Desain Rumah: Strategi Penghawaan Rumah Alami

1558 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

RUMAH190.COM–Rumah yang baik tidak perlu besar dan mewah, tetapi yang terpenting adalah harus memenuhi syarat kesehatan. Rumah yang sehat akan membuat penghuni di dalamnya sehat dan merasa nyaman untuk berhuni. Persyaratan rumah sehat di antaranya adalah ventilasi (aliran udara) yang cukup.

Tujuan ventilasi ini agar adanya pergantian udara yang terus menerus,sehingga ruang senantiasa memiliki udara yang segar. Untuk mencapai tujuan ini, ventilasi sebaiknya dibuat bersilang (cross ventilation).Ventilasi silang yaitu sistem sirkulasi di mana bukaan-bukaan diletakkan sedemikian rupa berhadapan, sehingga udara dapat mengalir dengan baik, dari dalam keluar ruang dan sebaliknya.

Ventilasi ini bekerja dengan memanfaatkan perbedaan zona bertekanan tinggi dan rendah yang tercipta oleh udara.Perbedaan tekanan pada kedua sisi bangunan akan menarik udara segar memasuki bangunan dari satu sisi dan mendorong udara pengap keluar ruangan dari sisi lain.Ventilasi silang sebaiknya mengarahkan aliran udara dari bawah ke atas karena sesuai sifat udara, mengalir dari suhu yang rendah kesuhu yang tinggi, atau udara mengalir dari tekanan udara tinggi ke rendah. Udara yang mengalir masuk melalui satu jendela akan masuk ke dalam ruang dan langsung keluar dari jendela satunya yang ada di hadapannya, dan ruang anakan mendapatkan udara baru lagi dari luar, begitu seterusnya.

Aliran udara yang lancer akan mengurangi kelembaban dalam rumah dan akan membuat udara ruang sejuk, walaupun tanpa alat AC. Lubang tempat udara mengalir tidak hanya berupa jendela, pintu, atau dinding yang didesain berlubang, melainkan lubang dapat pula dibuat di lantai. Lantai rumah panggung, dengan lantai kayu merupakan lubang ventilasi yang baik.Tidak hanya rumah tradisional, rumah modern pun dapat dibuat berlantai panggung pada beberapa bagian ruangnya sesuai kebutuhan penghawaan alami.Rumah berlantai lebih dari satu dan memiliki void, maka lubang void pun merupakan lubang ventilasi vertical. Void ini dapat membuang udara panas dari ruang bagian bawah menuju atas, untuk selanjutnya di buang ke luar melalui jendela ataulubang ventilasi di lantai atas.

Untuk menentukan seberapa luas lubang ventilasi harus dibuat, maka idealnya minimal 20% dari luas ruang. Semakin luas ruang maka semakin besar luas lubang ventilasi harus dibuat. Luas lubang tempat masuknya udara dibuat lebih kecil dari pada luas lubang tempat keluarnya udara.Posisi lubang tempat masuknya udara lebih rendah dari posisi lubang tempat keluarnya udara.Untuk mendapatkan udara alami yang segar,maka lubang tempat masuknya udara sebaiknya dihadapkan pada open space, berupa taman, kolam atau vegetasi.

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS