lahan sempit

Konsultasi Desain Rumah: Taman di Lahan Sempit

476 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

Saya memiliki rumah tipe 21 dengan denah dasar seperti yang saya lampirkan. Saya ingin merenovasi rumah tersebut untuk memenuhi kebutuhan keluarga saya dengan kebutuhan ruang yaitu ruang tidur menjadi tiga buah, ruang pembantu, dapur, ruang makan dan ruang keluarga. Namun saya juga tidak ingin terlalu banyak menghabiskan lahan menjadi full bangunan karena saya masih ingin ada ruang terbuka untuk taman. Mohon saran, terima kasih.

Ny. Sayida, Prambanan, Klaten

Ibu Sayida yang saya hormati,berdasarkan informasi mengenai ruang-ruang yang ibu inginkan dan mengingat keterbatasan lahan yang ada, serta keinginan Ibu untuk tetap menyisakan lahan untuk taman, maka saya mengusulkan bangunan dibuat menjadi dua lantai. Pemasangan shading di sekeliling jendela dimaksudkan agar bisa mengurangi panas matahari yang masuk, keberadaan bak tanaman di depan jendela selain menambah estetika, dimaksudkan juga agar bisa menjadikan view yang baik dari dalam ruangan.

Mengingat lahan yang cukup sempit mengenai keinginan Ibu untuk menyisakan lahan terbuka untuk taman, maka saya memberikan usulan untuk membuat taman di depan rumah. Pada lantai dua di teras belakang terdapat balkon yang bisa difungsikan untuk tempat jemur dan setrika.

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS