Arsitek: Yayi Arsandrie, S.T., M.T.
Drafter: Arifi n Nur Muhammad & Fiki Aris Munandar (mahasiswa
Arsitektur UMS) Arsitek: Yayi Arsandrie, S.T., M.T. Drafter: Arifi n Nur Muhammad & Fiki Aris Munandar (mahasiswa Arsitektur UMS)

Konsultasi Desain Rumah : Tempat Indekos Jadi Rumah Tinggal Nyaman

942 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

RUMAH190.COM–Jika pada umumnya pemilik rumah ingin merenovasi rumah tinggalnya dengan melengkapi fasilitas kamar kos, maka kali ini desain dibuat untuk mengubah fungsi rumah kos menjadi sebuah rumah tinggal biasa yang nyaman . Ide bermula ketika si empunya rumah, Wawan, membeli sebuah rumah indekos dengan tipe bangunan 45/92 di daerah Purwomartani Yogyakarta. Rumah indekos tersebut menempati separuh dari lahan yang dijual oleh pemiliknya yang tinggal di rumah bagian belakang.

Rumah ini memiliki dua kamar yang desainnya “darurat” karena pada mulanya tidak direncanakan untuk sebuah tempat indekos, dan dipisahkan dengan menutup pintu-pintu penghubung antar ruang. Pada awalnya, rumah memiliki dua akses dari depan untuk penghuni indekos dan dari belakang untuk pintu masuk pemilik rumah. Karena rumah tersebut kini akan dipergunakan untuk rumah tinggal yang nyaman, maka Wawan ingin memperbaiki desain rumah barunya agar bisa berfungsi maksimal sebagai sebuah rumah tinggal yang nyaman. Untuk itu, kami membuat desain rumah tinggal minimalis dengan dua kamar tidur, satu kamar mandi, ruang tamu, dapur, serta ruang cuci dan jemur di bagian belakang. Pada bagian depan diberikan ruang yang cukup luas agar dapat dipergunakan sebagai carport dan teras.

 

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS