JIBI/Rahmatullah Kreasi Mebel dari Sampah Kayu JIBI/Rahmatullah Kreasi Mebel dari Sampah Kayu

Kreasi Mebel dari Sampah Kayu

1702 Kali

“Waktu itu sekitar 2003 pascaperistiwa Bom Bali, saya jalan-jalan di Pantai Kuta banyak sampah kayu menumpuk di sana,” tutur Made Sutamaya, pemilik Kioski Gallery, Bali, membuka pembicaraan dengan Bisnis Indonesia di  sela-sela International Furniture & Craft Fair Indonesia (IFFINA) beberapa waktu lalu.

Ketika itu langsung timbul pemikiran bahwa sebenarnya kayu-kayu itu dapat dimanfaatkan menjadi barang yang bernilai guna lain. “Bentuk kayunya bagus, dan sayang kalau tidak dimanfaatkan. Akhirnya saya bawa kayu-kayu itu dengan beberapa kantong plastik. Sampai di rumah, saya kreasikan dengan menjadikanya mirror frame alias bingkai cermin,” ujarnya.

Ternyata, tanpa berselang lama, ada koleganya dari Kanada tertarik untuk membelinya dan memesan dalam jumlah banyak. Keisengan Made membuahkan hasil. “Ternyata prospeknya sangat bagus hingga akhirnya usaha membuat furniture dari bahan limbah kayu yang tidak terpakai itu, saya teruskan hingga sekarang,” tuturnya.

Ketua Himpunan Desain Mebel Indonesia (HDMI) Bambang Karmanto mengatakan saat ini kebanyakan desainer dan produsen mebel didorong untuk mengusung menuju desain hijau sebagai komitmen untuk meningkatkan tanggung jawab terhadap isu kelestarian.

“Kami sedang mengarah menuju desain hijau. Diusahakan produk-produk yang dihasilkan memenuhi beberapa hal yang menyangkut isu kelestarian, misalnya bahan baku kayu berasal dari hutan yang tidak konflik atau bermasalah secara legalitas. Ini yang utama,” ujarnya. Produsen juga didorong menggunakan bahan-bahan sisa atau limbah, maupun bahan lain yang dapat didaur ulang menjadi bentuk baru yang bernilai jual, sehingga tidak perlu menebang pohon lagi.

Menurutnya, hal itu belum banyak diterapkan banyak produsen lantaran memang belum banyak yang terpikirkan untuk mengolah limbahnya, sehingga sangat disayangkan apabila tidak dimanfaatkan. (Puput Ady Sukarno/JIBI)

 

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS