Perpaduan kaca dan akar pohon dapat juga dikreasikan menjadi bentuk meja yang unik./dok Perpaduan kaca dan akar pohon dapat juga dikreasikan menjadi bentuk meja yang unik./dok

Kreasi Meja Tamu 

1003 Kali

RUMAH190.COM–Motif serta bentuk meja-kursi tamu yang tersedia di toko-toko mebel, terkadang tidak sesuai dengan selera pemilik rumah atau kondisi ruang.

Hal ini menurut Dosen Jurusan Desain Interior Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Drs Rahmanu Widayat MSn bisa disiasati dengan membuat kreasi tersendiri pada perabot tersebut.

”Kalau ukuran ruangnya tidak terlalu luas, bisa disiasati dengan memberi meja yang bulat. Sebaiknya untuk satu kesatuan desain, mestinya perlu dipertimbangkan bentuk mejanya, oleh karena itu kreasi biasanya dilakukan pada meja,” ungkap Rahmanu.

”Ada juga yang mejanya diberi daun atau akar-akar kering, yang menunjukkan pemilik rumah tertarik pada unsur-unsur alam,” lanjutnya.

Untuk menghadirkan nuansa pantai, biasanya di ruang tertentu pada meja diberi hiasan kerang, pasir putih dan sejenisnya untuk memberikan suasana ekosistem laut. Bagian atas pada hiasan laut itu lantas ditutup dengan kaca sehingga ornamen pantai tersebut bisa dinikmati oleh tamu.

”Ada juga yang memberikan hiasan wayang beber atau kain batik di bawah kaca, dengan penyangga kayu, untuk menghadirkan kesan etnik,” lanjutnya.

Bahan-bahan untuk mengkreasi meja sesuai dengan selera pemilik rumah tersebut bisa juga dipilih dari bambu. Selain itu, untuk menyempurnakan suasana yang ingin dibentuk bisa menambahkan runner (taplak panjang) dengan motif yang senada dengan dinding atau lantai, maupun gorden jendela.

Jika ruangan cukup luas, sambung Rahmanu, bisa diberi dua set perabot meja-kursi tamu dengan pilihan furnitur yang senada atau berbeda. ”Yang penting untuk dua ruang tamu tersebut dibedakan dengan ketinggian lantai. Atau bisa disiasati dengan memberi partisi yang tidak terlalu tinggi atau almari dua muka,” jelasnya. (ema)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS