duniarumahmurah.wordpress.com duniarumahmurah.wordpress.com

Lantai Atas untuk Ruang Privat

1620 Kali

RUANG190.COM Kehadiran lantai atas pada sebuah bangunan rumah pada prinsipnya dilakukan atas dasar efisiensi lahan.Menghadirkan lantai atas pada rumah hunian bisa dilakukan karena faktor lahan yang sempit. Atau lahan luas tapi si penghuni rumah menginginkan halaman rumah yang luas sehingga bangunan rumah dibuat bertingkat.

Dosen Desain Interior Faskultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) UNS Solo Soepono Sasongko, mengatakan ruangan lantai atas rumah pada bangunan bertingkat bisa digunakan sebagai ruang privat, seperti untuk menempatkan kamar tidur. Sementara lantai bawah digunakan sebagai ruang publik, seperti untuk menempatkan ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga maupun dapur dan beberapa ruang publik lainnya.

Mengenai penataan interiornya, ruangan di lantai atas bisa dilakukan sesuai dengan selera sang penghuni rumah. ”Menata interior rumah merupakan salah satu hal yang sangat individual, di mana melalui interior rumah bisa mengekspresikan selera penghuni,” ujar Soepono ketika berbincang dengan Espos di ruang kerjanya.

Mengenai pemilihan warna cat dinding, bisa dibuat harmonis dengan lantai bawah maupun bisa dibuat kontras, tergantung selera penghuni rumah. Soepono menyebutkan, warna cat dinding dalam sebuah ruangan memiliki dua peran, yakni sebagai ekspresi penghuninya dan untuk menyiasati kondisi ruangan untuk tujuan tertentu. Misalnya untuk menyiasati agar suasana ruang lantai atas terasa lebih dingin, dapat dipilih warna biru atau abu-abu.

Soepono mengungkapkan, agar ruangan di lantai atas tidak panas bisa disiasati dengan memperbanyak bukaan atau jendela sehingga menghadirkan sirkulasi udara yang sehat. Harus pandai-pandai mengatur cahaya matahari masuk ke dalam ruangan lantai atas, terutama pada rumah kecil. Contohnya jika rumah menghadap ke selatan atau utara, sebaiknya kamar diletakkan di bagian timur.

”Selain itu harus pandai-pandai memilih bukaan kaca agar suasana lantai atas tidak terasa panas. Bisa menggunakan double glass, sehingga sinar matahari tereduce masuk ke dalam ruangan dan meredam suara dari luar,” ujar dia.

Pemilihan bahan pelapis lantai juga penting diperhatikan. Bahan yang paling bagus digunakan untuk lantai atas rumah adalah parket atau dari kayu. Selain pemuaian kayu bisa menyesuaikan dengan beton lantai, bahan parket bisa membuat ruangan terkesan hangat dan tidak silau.

Namun jika memilih keramik, saat memasangnya harus tepat. Jarak naad atau spasi antara keramik satu dengan keramik sebelahnya dibuat sedikit lebar dari jarak normal, kira-kira antara 0,5 milimeter hingga satu sentimeter. Jarak naad ini dibuat lebih lebar sebagai toleransi pemuaian dasar lantai dengan keramik. Jika pemasangan keramik tidak pas, bisa terjadi letupan pada lantai dan keramik bisa terlepas.  (anh)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS