bostonmagazine.com bostonmagazine.com

Lukisan Pengisi Ruang Kosong

1094 Kali

RUMAH190.COM—Ruang tamu menjadi bagian penting dari sebuah rumah. Ruangan ini menjadi “pintu gerbang” untuk menilai keseluruhan bangunan rumah. Ruang tamu juga merepresentasikan pemiliknya. Oleh sebab itu, ruangan ini sering didesain secantik mungkin karena akan menjadi pusat perhatian bagi tamu yang berkunjung.

Untuk membuatnya menarik, pemilik rumah bisa menempelkan elemen estetika pada dinding ruang tamu. Elemen estetika tersebut bermacam-macam, misalnya lukisan dan ukiran. Elemen estetika dipilah menjadi dua kategori. Pertama , elemen yang memiliki makna. Elemen ini  biasanya merepresentasikan minat, hobi dan karakter pemiliknya. Dengan demikian, pemilihan elemen estetika sangat tergantung pada pemilik rumah.

artssz.net

artssz.net

Kedua, elemen yang tak memiliki makna. Tujuan pemasangannya tak lebih dari sekadar unsur desain untuk membuat interior ruangan menjadi lebih enak dilihat dan nyaman digunakan. Hal ini cocok bagi Anda yang tak terlalu mempedulikan makna dalam elemen estetika. Untuk mewujudkannya,  ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan di rumah.

Gunakan lukisan abstrak, pemandangan atau flora sehingga orang yang melihat tak perlu berpikir terlalu dalam. Lukisan ini akan mengisi ruang yang kosong pada dinding sehingga membuatnya lebih “berisi”. Suasana ruangan menjadi berimbang dengan hadirnya komposisi warna yang ada pada lukisan.

Namun, Anda hendaknya menyesuaikan ukuran lukisan dengan ukuran ruangan.  Lukisan berukuran besar kurang cocok untuk ruang tamu yang kecil. Demikian juga sebaliknya.  Anda harus mempertimbangkan proporsi lukisan dengan lebar dinding ruang tamu.

Pemasangan lukisan tersebut juga harus disesuaikan dengan posisi mata yang memandang. Jangan memasang lukisan terlalu tinggi atau terlalu rendah sehingga tidak nyaman dilihat.

Selain lukisan, Anda juga bisa memanfaatkan patung untuk menambah estetika dalam ruang tamu. Patung yang digunakan bisa berupa patung abstrak atau patung figuratif. Namun, sebagian kalangan kurang bisa menerima patung figuratif.

van-eyck.com

van-eyck.com

Pakar desainer interior dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Mulyadi, mengatakan untuk mendapatkan suasana yang lebih maksimal, tak ada salahnya Anda memberikan cahaya khusus pada elemen estetika tersebut. Gunakan lampu spot jenis LED (light emitting diode) dengan warna kuning yang memberi efek warm [hangat].  Sebisa mungkin jangan gunakan LED warna putih atau day light karena kesannya menjadi terlalu mencolok.

“Selain menggunakan lukisan, hiasan ruang tamu juga bisa menggunakan foto yang dibentuk seperti lukisan dengan tekstur kanvas. Biasanya itu malah lebih awet. Bisa juga menambahkan tanaman hias,” ujarnya. (Ivan Andimuhtarom)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS