Pohon jati sering menjadi pilihan terbaik dalam mendapatkan bahan kayu berkualitas dalam kegiatan membanguan rumah. Foto: JIBI/Bisnis/Juli Nugroho Pohon jati sering menjadi pilihan terbaik dalam mendapatkan bahan kayu berkualitas dalam kegiatan membanguan rumah. Foto: JIBI/Bisnis/Juli Nugroho

Masa Tebang Kayu Pengaruhi Kualitas

478 Kali

RUMAH190.COM–Sebelum membeli kayu untuk kepentingan konstruksi rumah atau pembuatan perabot, perhatikan kualitas kayu itu. Minimal perhatikan apakah yang akan dipilih telah kering sempurna atau kayu tua. Hal ini akan sangat menentukan awet tidaknya konstruksi atau perangkat mebel yang dibuat.

Menurut pakar desain interior dari Fakultas Sastra dan Seni Rupa, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Drs Soepono Sasongko MSn, untuk mendapatkan kayu berkualitas, terutama kayu jati, perlu diperhatikan masa tebang yang tepat.

”Jika ditebang sudah memasuki masa tebang dan kondisinya kering betul, maka kayu jati tersebut kuat dan tahan terhadap serangan rayap. Kalau kondisi basah, meskipun kayu jati hutan tetap rentan terhadap serangan rayap atau serangga lainnya,” kata Soepono.

Dijelaskan oleh Soepono, masa tebang tersebut sangat berpengaruh terhadap kuat tidaknya kayu. ”Dalam satu tahun, ada masa-masa di mana umur dan cuaca mendukung sebuah pohon untuk ditebang. Jika belum masanya ditebang tapi dipaksakan ditebang biasanya akan berpengaruh pada kualitas kayu,” jelasnya.

Selain memperhatikan masa tebang, untuk membuat kayu tersebut awet kondisinya harus benar-benar kering dengan kadar kelembaban tertentu. ”Pengeringannya bisa di oven atau dijemur di panas matahari secara alami. Namun kayu untuk konstruksi biasanya diberi obat antihama atau bisa juga diberi teer atau oli bekas,” lanjutnya.

Ditambahkan pula oleh Soepono, melamin atau pelitur juga bisa berfungsi untuk mengawetkan kayu. ”Agar terkesan lebih keras dan antigores, bisa di-finishing dengan melamin dan hardener,” ujar Soepono.

Penampilan mebel agar terkesan rapi, bisa dioleskan wood filler untuk menutup pori-pori kayu dan diwarnai dengan wood stain dengan pilihan warna sesuai selera, jelasnya. (ema)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS