Dalam budidaya tanaman hias, media tanam berfungsi untuk mencukupi kebutuhan tanaman atas air dan unsur hara yang diserap melalui akar. /Mariyana Ricky P.D./JIBI/Solopos Dalam budidaya tanaman hias, media tanam berfungsi untuk mencukupi kebutuhan tanaman atas air dan unsur hara yang diserap melalui akar. /Mariyana Ricky P.D./JIBI/Solopos

Media Tanam Tepat, Tanaman Tumbuh Sehat

877 Kali

RUMAH190.COM–Dalam budidaya tanaman hias, media tanam berfungsi untuk mencukupi kebutuhan tanaman atas air dan unsur hara yang diserap melalui akar. Sehingga media tanam memiliki fungsi penting dalam pertumbuhan tanaman hias.

Di pasaran, tersedia berbagai macam media tanam yang bisa digunakan untuk menanam berbagai jenis tanaman hias. Media tanam tersebut seperti pakis, sekam, pasir malang, sabut kelapa dan spagnum. Beberapa pemilik tanaman ada pula yang menggunakan serbuk kulit kelapa, potongan kulit kelapa yang berbentuk kotak, pelepah batang tebu yang dikeringkan, kulit kayu, sekam uap atau batu apung.

Di wilayah Solo dan sekitarnya, pakis merupakan salah satu media tanam favorit yang digunakan untuk menanam sejumlah tanaman hias, terutama anthurium. Karena pakis mampu menyerap air dalam jumlah yang cukup. Selain tersedia dalam jumlah yang banyak di dalam hutan, pakis paling banyak digunakan lantaran memiliki daya tahan yang kuat untuk ditempatkan di dataran tinggi maupun dataran rendah.

Tanaman hias seperti anthurium, adalah tanaman yang tidak tahan terhadap genangan. Untuk itu, drainase yang memadai menjadi syarat utama media tanam untuk anthurium dan ini dimiliki pakis. Media tanam juga diharapkan bisa membantu anthurium berdiri tegak.

Sinung dari So Rin Nursery Demangan, Makamhaji, Sukoharjo, mengemukakan pada media tanam yang disiapkan untuk menanam, sangat dianjurkan untuk mencampurkannya dengan bahan organik seperti kompos atau pupuk hijau.

”Selain bisa memberikan hasil yang baik bagi pertumbuhan tanaman, campuran bahan organik seperti kompos dan pupuk hijau tersebut cukup praktis,” ujar Sinung saat ditemui Rumah190.com di kediamannya, belum lama ini.

Sinung mengatakan media tanam yang masih mentah atau belum jadi harus diolah dahulu dengan memotong, menghaluskan, menjemur atau merendam. Pemilihan media juga harus mempertimbangkan jenis tanaman hias yang akan ditanam di dalamnya, melihat musim, ketinggian tempat dan kelembaban.

”Contohnya tanaman anthurium daun lebih cocok ditanam pada media kasar atau porous. Sedang tanaman yang ditanam di daerah pegunungan yang tingkat kelembabannya cenderung tinggi, pilih media yang sangat porous agar sirkulasi air dalam media lancar, misalnya pasir malang dan pakis. Yang terbaik adalah mencampurkan berbagai bahan pada media tanam tersebut agar tercipta komposisi yang ideal,” terangnya.

Disterilkan

Dituturkan Sinung, dalam memilih media tanam pakis, sebaiknya gunakan pakis yang berasal dari batang pakis tua yang berserat kasar dan mudah dipatahkan karena tidak mengandung banyak air. Sebaiknya gunakan pakis yang telah diuapkan untuk memperkecil kemungkinan tumbuhnya jamur.

Rostina Yuliani dari Pot Bunga Bu Anik, Cemani, Grogol, Sukoharjo, menambahkan media tanam yang baik adalah media yang tidak membawa bibit penyakit dan hama. Untuk memperkecil kemungkinan adanya organisme penyebab penyakit dan hama, sebaiknya media tersebut disterilkan melalui pemanasan atau bahan sterilisasi kimiawi. Sebaiknya gunakan pula media yang kering ketika disimpan,” jelas Rostina.

Menurut Rostina, apapun jenis media yang digunakan, yang harus diperhatikan adalah sifat fisik media tersebut. Jika menggunakan bahan organik, dipilih bahan organik yang tidak mudah lapuk agar tidak perlu terlalu sering menambah atau menggantinya.

”Media tanam harus membentuk struktur yang cukup berongga sehingga menghasilkan drainase dan aerasi yang memadai di daerah perakaran,” kata Rostina.

Ditambahkan Rostina, ukuran materi atau kehalusan media yang digunakan hendaknya disesuaikan dengan ukuran tanaman dan tempat tanaman itu tumbuh. Tanaman muda memerlukan media tanam yang lebih halus agar akarnya bisa berkembang dengan baik. (Septhia Ryanthie)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS