Mungkin tak banyak yang tahu kusen aluminium dapat menyebabkan peningkatan suhu rumah, bahkan bisa menimbulkan efek rumah kaca./dok. Mungkin tak banyak yang tahu kusen aluminium dapat menyebabkan peningkatan suhu rumah, bahkan bisa menimbulkan efek rumah kaca./dok.

Memadukan Kusen Aluminium dan Kusen Kayu

376 Kali

RUMAH190.COM–Memilih kusen dari bahan aluminium berkaitan dengan selera pemilik rumah, Ruko atau kantor. Namun sebelum menentukan pilihan memakai kusen aluminium ada beberapa hal yang harus diketahui. Mungkin tak banyak yang tahu kusen aluminium dapat menyebabkan peningkatan suhu rumah, bahkan bisa menimbulkan efek rumah kaca.

Ada beberapa cara untuk meminimalisasi efek rumah kaca, salah satunya dengan memadupadankan kusen aluminium dengan kusen kayu. Atau melapisi kusen aluminium dengan lis dari kayu yang memiliki ketebalan tipis, agar tidak langsung memantulkan panas.

”Karakter logam aluminium yang memancarkan panas, bisa menimbulkan efek rumah kaca, yang mengikis lapisan ozon sehingga kurang baik untuk kesehatan,” ungkap R Kusbimantoro, dosen Jurusan Desain Interior Universitas Sahid Surakarta.

Oleh karena itu sebaiknya tidak melupakan ventilasi alami dengan membuat jendela berbentuk swing windows yang bisa dibuka dan ditutup serta memberikan sirkulasi udara yang nyaman. Hal lain yang bisa dilakukan, menurut Kusbimantoro, adalah memasang over hang, peneduh yang bisa dibuat dari genteng maupun asbes. ”Ini untuk menghindari panas, dengan peneduh panas tidak langsung memantul ke kaca,” lanjutnya.

Tren modern yang berkembang di Indonesia saat ini yang menggunakan aluminium dan kaca sebenarnya sudah ditinggalkan oleh negara-negara Eropa karena dampaknya sangat tidak ramah lingkungan.

”Mereka saat ini banyak menggunakan bahan-bahan alam seperti kayu dan sejenisnya dan menghindari bahan pabrikan yang tidak ramah lingkungan,” papar Kusbimantoro. Namun jika telah menggunakan kusen aluminium, sambung Kusbimantoro, lebih baik melakukan beberapa modifikasi, salah satunya dengan melapisi aluminium dengan bahan kayu untuk mengurangi efek rumah kaca. Atau memadupadankan kusen aluminium dengan kusen kayu di sudut ruangan yang berbeda. ( ema )

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS