Tujuan utama membangun Ruko adalah agar dapat digunakan untuk dua kepentingan, yakni nyaman untuk tempat tinggal dan menguntungkan sebagai tempat usaha/dok. Tujuan utama membangun Ruko adalah agar dapat digunakan untuk dua kepentingan, yakni nyaman untuk tempat tinggal dan menguntungkan sebagai tempat usaha/dok.

Memaksimalkan Fungsi Ruko

210 Kali

RUMAH190.COM–Istilah rumah toko (Ruko) merupakan sebuah istilah baru yang mendeskripsikan mengenai sebuah bangunan yang mempunyai fungsi ganda untuk dua kepentingan yang berbeda, namun tidak ada salah satu kepentingan yang dikorbankan. Kedua fungsi tersebut sebagai tempat usaha dan sebagai tempat hunian, di mana keduanya tidak boleh saling mengganggu dan masing-masing kepentingan mempunyai porsi yang sama kuatnya.

Dosen Desain Interior Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) UNS Solo, Ken Sunarko menyebutkan, tujuan utama membangun Ruko adalah agar dapat digunakan untuk dua kepentingan, yakni nyaman untuk tempat tinggal dan menguntungkan sebagai tempat usaha. ”Sementara untuk efisiensi space, biasanya Ruko dibangun bertingkat,” ujar Ken saat berbincang dengan Rumah190.com di kediamannya.

Dengan pertimbangan psikologis dan memberikan kemudahan bagi pelanggan atau konsumen mengakses ke tempat usaha, pada lantai dasar bisa digunakan untuk tempat usaha.

Ken yang juga desainer interior hotel ini menambahkan, beberapa hal yang penting diperhatikan dari segi usaha adalah Ruko tersebut mudah diketahui orang sehingga sebisa mungkin pilih tempat yang strategis, mudah diakses, ada fasilitas parkirnya dan lingkungan sekitar mendukung sebagai tempat bisnis. ”Perhatikan juga fleksibilitas kegunaan Ruko tersebut, dalam arti bisa digunakan untuk jenis usaha apapun,” kata dia.

Jika ditilik sebagai rumah hunian, Ruko harus nyaman ditinggali, menyuguhkan privasi terhadap penghuninya, ada fasilitas sebagai rumah hunian seperti adanya kamar mandi, ada ruangan-ruangan dan fleksibel atau harus bisa mengikuti perkembangan jumlah anggota keluarga yang tinggal di situ.

Mengenai penataan interior tempat usaha, diusahakan penataannya fleksibel. Penataannya harus disesuaikan dengan jenis usahanya. Ken menyebutkan, sebisa mungkin tampilan tempat usahanya dibuat semenarik mungkin.

Misalnya jika digunakan sebagai rumah makan, tempat masaknya bisa ditempatkan pada bagian depan. Atau ketika digunakan untuk usaha butik, pada bagian depan ada ruang pamer bajunya. Harus diperhatikan pula mengenai faktor penyimpanan dan persiapan barang dagangan. Dia mengatakan, diusahakan jangan sampai menyimpan barang-barang dagangan di lantai yang difungsikan sebagai tempat tinggal. (anh)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS