balcony-garden-design-tips-1_mini

MEMANFAATKAN BALKON UNTUK TAMAN

1814 Kali

Selain sebagai tempat bersantai, balkon juga bisa digunakan untuk penempatan pohon taman.
Karena area balkon memiliki cukup sinar matahari sehingga tumbuhan dapat tumbuh dengan baik dan memberikan sisa ruang bagi tanaman agar berkembang biak.

Hal utama yang harus diperhatikan jika digunakan sebagai taman adalah intensitas sinar matahari menerpa balkon. Bila sinar matahari terlalu banyak, dapat digunakan jenis tanaman tropis seperti kaktus, mengingat tanaman ini tahan terdapat terpaan sinar matahari yang tinggi. Jenis kaktus saat ini semakin beragam dan unik. Lagi pula, merawat kaktus cukup mudah karena tak perlu terlalu sering disiram air.

Masih banyak jenis tumbuhan lain seperti dedaunan dengan beragam warna, palem kecil, dan sebagainya, yang dapat memberi kesejukan di apartemen, namun satu hal yang harus diingat adalah kemampuannya terhadap terpaan sinar matahari di balkon Anda. Selain itu, Anda juga dapat menempatkannya di dalam pot dengan cara digantungkan di langit-langit balkon. Hal ini selain menghemat tempat juga dapat menambah suasana semakin asri. Seperti dikutip dari rumah-ku.com, pot yang dipilih hendaknya disesuaikan dengan luas area balkon.

Satu hal yang harus diperhatikan saat bertanam adalah kebersihannya harus tetap terjaga. Untuk itu, tambahkan pot dengan piring kecil yang diletakkan di bawah pot untuk menampung tanah yang keluar, sehingga tidak mengotori lantai dan tidak repot jika membersihkan. Piring ini juga bisa digunakan untuk menampung air agar kesegaran tanaman terjaga walaupun tidak menyiraminya setiap hari. Tentu saja air ini harus diganti setidaknya dua hari sekali agar tidak menjadi sarang nyamuk.

Bila ingin memasukkan tanaman ke dalam ruangan, jangan lupa untuk sesekali menjemurnya di bawah sinar matahari agar dapat tumbuh secara optimal. ( Akhmad Ludiyanto)

RELATED POST FOR CATEGORY

Eksterior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS