Musala merupakan tempat yang dianggap suci untuk memanjatkan doa kepada Tuhan. Oleh karena itu, pemilihan tempat juga perlu memperhatikan faktor ketenangan./berlinhappens.com Musala merupakan tempat yang dianggap suci untuk memanjatkan doa kepada Tuhan. Oleh karena itu, pemilihan tempat juga perlu memperhatikan faktor ketenangan./berlinhappens.com

Membangun Musala Dalam Rumah: Perhatikan Akses dan Ketenangan

262 Kali

RUMAH190.COM–Menghadirkan musala di dalam rumah tidak harus direncanakan sejak awal pembuatannya. Meski terkadang terbentur masalah penyesuaian dengan arah kiblat, namun melalui sentuhan khusus sebuah ruangan dapat dirancang menjadi musala.

Menurut pakar desain interior asal Solo, Drs Rahmanu Widayat MSn, musala di dalam rumah dapat dibangun di ruangan tertutup ataupun ruangan terbuka. Musala di ruang tertutup biasanya dibangun di ruangan yang tidak terpakai.

Meski demikian Rahmanu menyarankan pembangunan musala sebaiknya diwujudkan di ruangan yang terbuka. Hal itu dimaksudkan untuk mengantisipasi kekurangan tempat akibat banyaknya jumlah orang yang akan beribadah. ”Kalau ruangannya terbuka, semisal dilakukan salat yang pesertanya hingga meluber dapat diantisipasi dengan menggunakan ruangan di belakangnya,” tambahnya.

Untuk menciptakan musala dengan bentuk terbuka, imbuh dia, dapat dilakukan dengan membuka secara penuh ruangan tertutup yang hendak dijadikan musala. Meski demikian hal ini juga harus disesuaikan dengan arah kiblat. Untuk mempercantik, lanjut dia, dapat diberikan melalui sentuhan interior yang mendukung keberadaan musala tersebut.

Musala merupakan tempat yang dianggap suci untuk memanjatkan doa kepada Tuhan. Oleh karena itu, pemilihan tempat juga perlu memperhatikan faktor ketenangan. Rahmanu menambahkan tempat paling ideal untuk digunakan sebagai musala yakni bagian tengah dari rumah, sehingga seluruh anggota keluarga dapat mengakses tempat tersebut dengan cepat dan mudah. Menghadirkan musala di dalam rumah sebaiknya juga memperhatikan letak tempat wudhu. ”Jangan sampai jika musala yang dibangun di lantai atas, tempat wudhunya berada di lantai bawah,” ujar dia.  (m49)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS