garden-cool-and-simple-landscaping-garden-exterior-inspiration

Membuat Taman Yang Simpel

945 Kali

Arsitektur rumah modern akhir-akhir ini banyak digemari oleh masyarakat perkotaan. Apalagi disempurnakan dengan penataan ruang luar yang serba minim dan monokromatis. Gambaran karakter yang berkesan clean dengan garis-garis geometris dan warna-warna teduh dan menenangkan merupakan gambaran karakter yang muncul dari style ini.
Untuk taman, seperti dikutip dari http://www.asiangirlstyle.com/info/griya aplikasi karakter tersebut dimunculkan dengan beragam cara antara lain melalui konsep penataan berbagai elemen taman. Komposisi taman simpel modern lebih bersifat homogen dengan menerapkan garis-garis tegas yang senada dengan garis bangunan.

Komposisi yang serba geometris dengan karakter yang serba tegas ini diwujudkan melalui pola komposisi lembut material dan keras pada material. Misalnya komposisi tanaman yang serba lurus dan tegas serta pola jalan setapak yang satuan bentuknya persegi disusun dengan pola tegas bersiku.

Taman homogen biasanya menggunakan satu atau dua jenis tanaman dalam jumlah massal. Hamparan rumput yang hijau monokrom dengan aksentuasi pola jalan setapak yang berpola linear melengkapi desain taman.

Jika ingin menggunakan elemen keras dari bahan alam pilihlah jenis yang teksturnya simpel dengan tonasi warna yang berkisar antara warna putih, abu-abu sampai hitam bergradasi. Unsur air yang hadir sebagai pelengkap elemen estetis dapat berfungsi maksimal karena menjadi unsur penyeimbang yang memberikan efek keteduhan dan efek kenyamanan. Kehadiran air juga mendukung suasana hening dan tenang yang ingin diciptakan. Dinamika air dimunculkan melalui gerakan riak-riak kecil yang halus dan cukup merangsang getaran indra. ( Triyanto Herry Suryono)

RELATED POST FOR CATEGORY

Eksterior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS