Balkon merupakan bagian tambahan yang dibangun di lantai atas sebuah bangunan. Karena keberadaannya di tempat yang tinggi, kehadiran balkon rumah biasanya digunakan oleh si pemilik rumah untuk mendapatkan pandangan ke luar dan bisa menikmati sejuknya udara pada pagi atau sore hari./dok Balkon merupakan bagian tambahan yang dibangun di lantai atas sebuah bangunan. Karena keberadaannya di tempat yang tinggi, kehadiran balkon rumah biasanya digunakan oleh si pemilik rumah untuk mendapatkan pandangan ke luar dan bisa menikmati sejuknya udara pada pagi atau sore hari./dok

Memfungsikan Balkon Rumah

721 Kali

RUMAH190.COM–Keberadaan balkon rumah hunian tak hanya dapat digunakan sebagai sarana untuk mendapatkan pandangan ke luar, tapi juga bisa membuat tampilan rumah menjadi lebih indah. Kehadirannya juga bisa dimanfaatkan sesuai keinginan si pemilik rumah.

Balkon merupakan bagian tambahan yang dibangun di lantai atas sebuah bangunan. Karena keberadaannya di tempat yang tinggi, kehadiran balkon rumah biasanya digunakan oleh si pemilik rumah untuk mendapatkan pandangan ke luar dan bisa menikmati sejuknya udara pada pagi atau sore hari. Selain itu, kehadiran balkon juga bisa semakin memperindah tampilan rumah hunian.

Kehadiran balkon rumah hunian juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai tujuan sesuai kebutuhan di penghuni rumah. Memanfaatkan setiap lahan dalam rumah hunian, salah satunya pemanfaatan balkon, merupakan bentuk pemaksimalan lahan dan bisa jadi merupakan salah satu cara untuk menyiasati lahan sempit. Butuh kreativitas dalam memaksimalkan setiap lahan kosong di rumah Anda.

Lahan kosong di balkon rumah hunian dapat dimaksimalkan untuk berbagai keperluan. Seperti dilakukan oleh keluarga Harley Widianto yang berdiam di Gentan Deluxe No 4, yang memanfaatkan balkon bagian depan lantai dua rumahnya untuk menempatkan koleksi tanamannya. Tanaman anggrek disusun rapi dalam pot-pot kecil yang ditempatkan di sebuah rak tanaman dari besi tempa dan sejumlah tanaman koleksinya yang ditaruh di pot.

”Karena balkon jarang kami gunakan dan lahannya tak terlalu luas, jadi daripada kosong akhirnya saya taruh tanaman anggrek dan beberapa tanaman lainnya di sana,” ujar Nyonya Harley ketika berbincang dengan Rumah190.com.

Balkon tersebut dibuat di depan kamar tidur anaknya yang paling besar yang terletak di lantai dua. Dia menambahkan, dengan kehadiran beberapa tanaman hias tersebut ditujukan untuk membuat ruangan yang berhubungan langsung dengan balkon tersebut berada, terasa lebih sejuk.

Tempat bersantai

Nyonya Harley menambahkan balkon rumahnya terkadang difungsikan juga sebagai teras di lantai dua. ”Ya paling anak-anak menggunakan balkon untuk santai pada sore hari, sambil melihat pemandangan luar,” ujar dia.

Lebih lanjut ia bercerita, saat ingin bersantai, biasanya di balkon ditaruh beberapa kursi untuk menikmati udara sore hari. Menaruh furnitur di balkon hanya saat dibutuhkan, hal ini dilakukan karena pertimbangan agar furnitur lebih awet. ”Kalau kursi atau furnitur lainnya dibiarkan terus ditaruh di balkon yang letaknya di ruang terbuka, takutnya nanti kalau turun hujan akan terkena air dan saat siang hari akan kepanasan.”

Hal tak jauh beda dilakukan oleh keluarga As’adi di Gentan Deluxe No 5 Mereka memanfaatkan balkon lantai dua bagian depan dan bagian belakang rumahnya untuk menempatkan tanaman koleksi keluarga. Bahkan pada balkon bagian belakang rumah dibangun sebuah ruangan green house non permanen yang ditutup dengan paranet untuk menempatkan koleksi jemani dan tanaman hias lainnya.

Selain itu, pada balkon rumah bagian belakang juga digunakan untuk menempatkan tanaman adenium. Sedangkan di pojok selatan digunakan untuk meletakkan penampungan air. Sementara di balkon bagian depan rumah juga digunakan untuk menaruh beberapa tanaman yang ditempatkan di pot. ”Kebetulan kami suka dengan tanaman, jadi di balkon depan dan belakang digunakan untuk menempatkan tanaman hias. Kadang balkon tersebut kami gunakan juga untuk bersantai,” kata Nyonya As’adi.  (Aeranie Nur Hafnie)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS