www.homify.hk www.homify.hk

Memilih Pintu Garasi

1366 Kali

RUMAH190.COM Demi keamanan kendaraan dari tangan-tangan jahil, garasi harus dilengkapi dengan pintu yang kuat. Berbagai model pintu pun sekarang tersaji, tergantung kondisi keuangan Anda.
Untuk membuat pintu garasi, tersedia berbagai bahan ini yakni logam dan kayu. Dengan kualitas yang baik, keduanya memiliki kekuatan yang relatif sama. Salah satu kelebihan pintu garasi dari bahan logam adalah tahan panas. Namun biasanya pintu garasi logam yang dijual di pasaran modelnya terbatas. Yang cukup populer adalah model rolling door dan polding gate.

Sementara untuk bahan kayu juga cukup kuat. Di antara kelebihan pintu garasi berbahan kayu adalah dapat dibuat dengan banyak model. Biasanya, pintu dibuat berlipat untuk memudahkan membuka atau menutup.

Salah satu perencana asal Solo, Taufik Hidayat mengatakan pemilihan bahan dan model untuk pintu garasi sebenarnya dilakukan atas pertimbangan estetika. Sebab garasi biasanya berada di dalam rumah sehingga faktor keamanan sudah menjadi satu dengan rumah utama.

“Sebenarnya kayu dan logam itu sama-sama kuat. Dengan pemakaian kedua bahan itu, maka garasi sudah cukup aman dari cuaca maupun pencuri. Kalau soal bahan, model, dan cara kerja buka tutupnya itu faktor estetika saja. Dengan kata lain, yang penting garasi itu tertutup,” kata dia.

Menopang beban

Namun demikian, dia memberikan sejumlah catatan pada pintu-pintu garasi. Misalnya pada pintu swing atau kupu-kupu membutuhkan ruang untuk mengayunkan agar pintu terbuka lebar. Selain itu, jangan terlalu lebar dan pilihlah engsel yang kuat agar mampu menopang beban pintu.

Jika daun pintu (model tarik dorong) terlalu lebar dan engselnya lemah, maka pintu akan anjlok di bagian tengah. “Kalau engsel lemah atau penempatannya tidak baik, maka pintu biasanya akan anjlok di tengah. Kalau sudah begitu, biasanya pintu akan mengalami kendala pada saat dibuka atau ditutup karena menyentuh lantai.”

Sementara itu, pada pintu geser (slide) atau lipat, tempatkan rel dan roda menggantung di bagian atas pintu untuk memudahkan buka tutup. Pilih rel dan roda laker yang memadai agar tidak terjadi gangguan. Di sisi lain, pintu model rolling door memiliki kelebihan yakni ringan karena biasanya pintu ini terbuat dari bahan aluminium. Selain itu pengoperasiannya juga cukup mudah. Tinggal buka gembok, maka pintu akan menarik dengan sendirinya ke atas.

Namun pemilik pintu ini juga harus memasang gembok yang kuat supaya tak mudah dijahili maling. ( Akhmad Ludiyanto )

RELATED POST FOR CATEGORY

Eksterior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS