www.pasarharga.com www.pasarharga.com

Mempercantik Jendela Rumah dengan Gorden

2460 Kali

RUMAH190.COM Kehadiran gorden tak hanya mampu memberikan nuansa dekoratif yang mempercantik interior rumah . Gorden juga memiliki berbagai fungsi lain.Mempercantik interior rumah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengaplikasikan gorden pada jendela rumah, pintu kaca rumah atau di area transparan di dalam rumah. Sebagai elemen dekoratif, sudah pasti kehadiran gorden ditujukan untuk mempercantik rumah. Namun ada berbagai fungsi lainnya yang bisa dimunculkan dari kehadiran gorden di dalam rumah hunian.

Salah satunya, gorden bisa digunakan untuk menghalangi panas matahari pada siang hari yang terik agar tidak leluasa masuk ke dalam rumah, sehingga rumah terasa tak terlalu panas.

Pemasangan gorden di jendela kaca maupun pintu kaca juga mampu menghadirkan privasi bagi pemilik rumah, di mana dengan keberadaan gorden bisa menghalau pandangan orang yang melintas di luar rumah atau luar ruangan untuk melihat aktivitas di dalam rumah dan di ruangan rumah.

Keluarga M Arif Widiyanto di Jl Singosari 3 Nusukan, Solo, memilih gorden jenis curtain yang terdiri dari vitrase dan gorden dari bahan polyester dengan gaya klasik yang pada tepiannya ditambahi rumbai-rumbai kecil yang diaplikasikan pada bagian kaca jendela ruang tamunya, jendela besar di kamar tidur utama dan jendela samping di ruang keluarga.

Sementara pada jendela di ruang lainnya seperti kamar tidur dan ruang makan dipilih gorden dari bahan yang sama dengan model simpel dengan jurai lurus.

Rolet atau tiang untuk mengaitkan gorden dipilih dari bahan kuningan warna emas, sedangkan tali pengikat kain gorden dipilih yang berumbai. Sedangkan tempat pengaitnya terbuat dari perpaduan kuningan dan fiber.

Gorden yang dipilih warnanya senada dengan warna cat dinding dan furnitur dalam rumahnya, yakni warna kuning gading kecokelatan dengan vitrase dari bahan organdi warna putih tulang dengan motif bunga.

”Warna gorden memang sengaja dipilih yang senada supaya bisa menyatu dengan warna kuning gading yang dominan dalam rumah. Dengan adanya gorden ini sekaligus bermanfaat untuk menghalau panas matahari berlebihan yang masuk ke dalam rumah,” ujar Nyonya Arif ketika dijumpai Espos di kediamannya.

Dua jenis

Sementara Fatma yang berdiam di Kerten, mengaplikasikan gorden berbahan satin bergaya klasik dengan tambahan poni berbentuk setengah lingkaran dan vitrase dari bahan nilon, pada bagian pintu kaca tengah di bagian dalam rumah yang sudah tidak difungsikan sebagai akses keluar masuk antarruangan. Pada bagian tepian gorden diaplikasikan aksesori rumbai-rumbai warna hijau dan kuning.

”Warna gorden yang dipilih adalah hijau supaya bisa menyatu dengan warna cat dinding rumah yang warnanya juga hijau,” ujar Fatma. Sedangkan untuk gorden penutup kaca pintu di kamar tidur dipilih dari bahan linen warna hijau tua.

Sales Counter gerai gorden Haven Luxury Collection di Lantai 1 Solo Square, Amin, menyebutkan tirai terbagi dalam dua jenis, yakni jenis curtain dan blind.

Jenis curtain berupa gorden yang terbuat dari bahan kain. Sementara jenis blind terbuat dari bahan non-kain, seperti fiber, alumunium, kayu, bambu. Jenis blind sendiri ada yang vertikal, horizontal, roman maupun roller.

Amin menyebutkan, gorden lengkap antara lain terdiri dari tasel hook yang digunakan sebagai tempat untuk mengaitkan tali yang mengikat gorden, sibori yang berupa tali rumbai-rumbai untuk mengikat gorden, poni gorden yang terletak di bagian luar paling atas, badan gorden dan vitrase.”Bahan vitrase ada beragam, ada yang dari bahan nilon, organdi atau organsa hingga kain berenda,” ujar Amin.

Sementara bahan gorden yang bisa dipilih antara lain dari polyester, blackout, beludru, satin dan bahan sintetis lainnya. Amin menambahkan, mengenai model gorden antara lain model bola-bola (setengah lingkaran), kolong (kain gorden masuk ke dalam rollet) dan smockring (gorden dikaitkan dalam ring atau lingkaran besi dan dimasukkan dalam rollet). (Aeranie Nur Hafnie)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS