ovnis.co ovnis.co

Mempercantik Teras Dengan Perabot Kursi

1346 Kali

Teras dapat merepresentasikan identitas kepribadian si penghuni rumah. Usaha mempercantik tampilannya justru semakin menguatkan identitas penghuni rumah sebagai pribadi apik.

Terkait ini, ada beragam cara agar teras terlihat ciamik salah satunya dengan menata kursi-kursi di teras. Arsitek Anneke Prasyanti mengatakan secara umum, teras terbagi dua yakni di dalam dan depan rumah. Namun seiring berkembangnya desain rumah kecil, teras di bagian dalam tidak begitu populer lagi.

echometry.com

echometry.com

Terlepas dari itu semua, dia menyaranakan sebelum menentukan pilihan kursi-kursi yang tersedia di pasaran, seyogianya penghuni rumah mempertimbangkan luas teras. Minimal dimensi teras yang nyaman bagi keberadaan furnitur-furnitur di lebar minimal 1,2 m. Kalau panjang teras untuk dua kursi dan satu meja maka kira-kira membutuhkan panjang 2 m.

“Teras yang lebih lebar tentunya lebih nyaman dan memudahkan untuk sirkulasi manusia,” ujar arsitek yang juga Project Manager PT Pembangunan Kota Tua Jakarta itu.

Ukuran panjang dan lebar teras penting diperhatikan karena menentukan perabotan-perabotan yang akan diletakkan. Pertimbangan penghuni rumah meletakkan satu kursi, dua kursi hingga satu meja sangat bergantung pada luas areal yang tersedia.

Hal lainnya penghuni rumah mesti mempertimbangkan lokasi bangunan. Anneke mencotohkan rumah yang berlokasi dekat dengan areal jalan yang sibuk tentu akan tingkat polusinya pun akan tinggi sehingga debu mudah menempel pada perabotan.  Pada kondisi itu pilihlah furnitur-furnitur dengan material yang mudah dibersihkan.

“Selain itu adanya penerangan di teras sangat menentukan suasana yang dicapai pada teras,” ujarnya.

homesthetics.net

homesthetics.net

Lalu warna dinding rumah dan lantai bisa harus menjadi latar furnitur. Karenanya furnitur-furnitur yang dihadirkan pemilik rumah harus berwarna selaras dengan warna dinding dan lantai bangunan. Dengan perpaduan warna yang seimbang itu maka akan semakin menguatkan tampilan teras.

“Tentukan warna furnitur yang pantas diletakan dengan warna-warna yang ada,” ujarnya.

Anneke mengatakan keberadaan kursi di teras sangat membantu peran teras sebagai tempat bersantai. Terlebih  jika lahan luas kehadiran taman atau pelataran kecil semakin membuat nyaman teras. Walau teras hanya bagian depan bangunan yang berbatasan langsung dengan pagar pun tak masalah diletakkan furnitur kursi asalkan diseusaikan dengan ketersediaan lahan.

ikea.com

ikea.com

Bagaimana menata kursi-kursi di teras? Anneke menilai kursi individu maupun kursi panjang dengan beragam gaya bisa ditata di teras. Khusus untuk kursi panjang diasarankan menempel pada dinding. Namun bila kursi panjang dapat disandingkan dengan meja panjang pula bisa saja dengan syarat teras yang tersedia harus luas.

“Penataannya satu kursi panjang menempel pada dinding, dan kursi lainnya berada di seberang meja,” ujarnya.

homesthetics.net

homesthetics.net

Namun untuk material kursi teras, Anneke menyarankan sepatutnya menggunakan perabotan kursi dengan material kayu jati, ulin, dan kayu besi serta besi, alumunium, dan tembaga. Material-material tersebut diyakini memiliki daya tahan yang kuat terhadap perubahan cuaca.

Selain material, jumlah kursi yang tersedia di teras minimal dua kursi dan satu meja kecil. Jika dimensi teras memungkinkan dapat menggunakan satu meja bundar dengan empat kursi. Anneke mengatakan penataan seperti ini disarankan teras dijadikan ruang penerima layaknya rumah bergaya Betawi.

“Sehingga bisa dijadikan ruang santai sore hari, ” ujarnya.

Selebihnya agar semakin menyatu antara bangunan dan perabotan maka untuk rumah modern disarankan menggunakan furniture rotan, resin berwarna menarik atau rotan sintetik dengan berbagai pilihan warnanya.

ikea.com

ikea.com

Berbeda dengan gaya modern, rumah bergaya klasik memiliki dua tipe yakni Indonesia dan Eropa.  Bila klasik Eropa kursi eksterior biasanya menggunakan material besi atau kayu lambrisering yang tahan cuaca. Untuk klasik Indonesia mengacu pada klasik Jawa biasanya kursi kayu berukir yang dipernis.

Namun pantang dilupakan kursi-kursi teras mesti dipadu dengan hal-hal lain agar tidak cenderung monoton. Misalnya, dipadu padankan dengan tanaman hidup atau mati. Kalau pun tanaman mati sebaiknya yang kualitasnya baik sehingga tidak berkesan norak. Kemudian pencahayaan yang hangat dengan lampu gantung atau lampu dinding bukan lampu TL.

“Serta dekorasi pada dinding latar, seperti lukisan atau ukiran gantung yang sesuai dengan gaya bangunan,” ujarnya. (Dika Irawan/JIBI)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS