penggunaan wallpaper dalam sebuah ruangan mampu mengatasi kondisi dinding rusak atau pun bercak yang selama ini menjadi permasalahan bagi cat./youtube.com penggunaan wallpaper dalam sebuah ruangan mampu mengatasi kondisi dinding rusak atau pun bercak yang selama ini menjadi permasalahan bagi cat./youtube.com

Memperindah Dinding dengan Wallpaper

458 Kali

RUMAH190.com Menghadirkan keindahan di dalam rumah dapat dilakukan melalui berbagai cara, termasuk menempeli dinding dengan kertas tertentu dan bermotif tertentu (wallpaper). Pemasangan wallpaper tidak saja akan membuat interior rumah menjadi indah, lebih dari itu mampu menghadirkan suasana sesuai keinginan sang penghuni rumah.

Bagi sebagian orang wallpaper memang belum banyak dikenal. Harga mahal sering kali menjadi alasan mengapa produk ini masih kalah bersaing dengan cat, terutama untuk rumah tinggal. Penggunaan wallpaper lebih sering dijumpai pada perkantoran dan hampir di setiap hotel. Kesan cantik yang ditawarkan dan terbangunnya suasana nyaman mampu menjadikan wallpaper sebagai alternatif pilihan selain cat.

Menurut sejarahnya kertas dinding atau wallpaper ditemukan oleh bangsa China. Awalnya bangsa China suka melukis di atas kertas dan menempatkannya di dinding dengan menggunakan lem nasi. Dalam perkembangannya teknik penempelan kertas di dinding, ditularkan kepada bangsa Arab dan disebarluaskan hingga ke daratan Eropa. Meski lebih dikenal dengan sebutan wallpaper, saat ini istilah tersebut berganti menjadi wallcover. Hal itu terjadi lantaran bahan yang dipergunakan tidak hanya berasal dari kertas tetapi dari vinyl (sejenis plastik), kain dan jute (jerami yang telah diproses).

Menurut pakar desain interior Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Anung B Studyanto, penggunaan wallpaper dalam sebuah ruangan mampu mengatasi kondisi dinding rusak atau pun bercak yang selama ini menjadi permasalahan bagi cat. Selain itu variasi corak dan warna wallpaper mampu memberikan nuansa baru yang tidak didapat pada bahan interior lain seperti cat. ”Penggunaan wallpaper mampu mengubah dengan nyata proporsi ruang. Misal untuk membentuk kesan tinggi pada suatu ruang dapat dihadirkan dengan penggunaan wallpaper bermotif garis vertikal,” ujar dia.

Ukuran yang tersedia di pasaran diantaranya 0,50×10 meter dan 0,75×10 meter. Salah seorang karyawan Davin Dekor, Kesi menyarankan agar konsumen memilih bahan dengan ketebalan cukup.

”Jika terlalu tipis biasanya berpengaruh kepada sambungannya. Sambungan justru lebih kelihatan jika bahannya tipis,” tutur dia. Sementara konsultan di Toko Gajah, toko yang menyediakan wallpaper, Yenny mengatakan penggunaan wallpaper dari segi biaya tergolong seimbang dengan penggunaan cat. Pasalnya dengan perawatan yang baik, wallpaper mampu bertahan hingga lebih dari lima tahun.

Ditambahkan Anung, biaya awal yang dikeluarkan untuk pembuatan wallpaper memang tampak mahal. Namun jika dihitung dengan teliti, sebenarnya tergolong berimbang. Pasalnya, penggunaan cat sering kali memerlukan pengecatan ulang dalam waktu tertentu agar dinding tetap bagus.

Pemasangan wallpaper pun tergolong mudah, hanya dengan menggunakan lem khusus, wallpaper sudah dapat terpasang. Anung mengatakan pada dasarnya orang awam pun bisa melakukannya, persoalannya hanya mengenai keterampilan yang dimiliki. Meski sekadar memasang, tambah Kesi, diperlukan keahlian dan teknik pemasangan khusus agar sambungan antarrol tersamarkan. (m49)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS