partisi

Menambah Nilai Estetis Dengan Sekat

883 Kali

Pemilik rumah yang memiliki ruangan luas terkadang bingung untuk menampilkan ruangan itu agar kelihatan indah dan cantik. Tak perlu bingung, pemasangan sejumlah partisi atau penyekat bisa menjadi solusi agar ruangan dapat terlihat lebih ciamik. Dengan partisi, kita dapat memaksimalkan fungsi ruangan itu sesuai dengan kebutuhan.
Partisi ini memiliki fungsi untuk memisahkan antara ruangan yang satu dengan ruangan yang lainnya. Luasan partisi bisa full partisi ataupun setengah partisi sesuai dengan kebutuhan. Dosen Fakultas Teknik UNS Solo, Istijabatul Aliyah mengatakan pada prinsipnya pembatas ruangan terbagi menjadi dua, yakni batas nonfisik dan fisik. Batas nonfisik merupakan batas ruangan yang tidak kelihatan. Batas ini berada di antara ruang satu dengan lainnya, misalnya antara ruang tamu dengan ruang keluarga yang hanya dibedakan dengan ketinggian lantai dan plafon. Meski tidak kelihatan, namun sebenarnya kedua ruangan itu dipisahkan dari segi posisinya yang membedakan fungsi.

“Seperti istilahnya, pembatas nonfisik ini memang tidak kelihatan. Tetapi sebenarnya ada pembatas antara kedua ruangan itu.”

Pembatas fisik adalah pembatas yang tampak dan fungsinya adalah membatasi atau membuat ruangan baru. Pembatas fisik ini ada yang permanen dan ada yang semipermanen. Pembatas permanen dibuat secara tegas untuk memisahkan dua ruangan secara permanen. Selain itu, pandangan mata terhadap satu ruangan juga akan terhalang secara keseluruhan.

Sementara pada pembatas semipermanen biasanya menyisakan space untuk cahaya, udara dan suara. Isti menambahkan, pembatas juga dibedakan menjadi fungsional dan estetis. Pembatas fungsional misalnya adalah rak buku, rak pajangan dan sebagainya. Sementara pembatas estetis bentuk dan modelnya sangat beragam.

 

Bahan penyekat

Bahan permanen yang umum dipakai adalah bahan gipsum. Tekstur permukaan gipsum ini menyerupai tembok sehingga penyekat tampak atau dibuat sama seperti tembok. Selain karena harganya yang relatif murah, partisi gipsum juga mudah dibongkar bila diperlukan.

Dalam http://annahape.com, disebutkan bahwa gipsum ini juga memiliki kelemahannya, yaitu kekuatan menahan lebih rendah dari pada dinding batu bata atau tembok. Partisi gipsum pun dapat dimanfaatkan sebagai bagian dari interior dengan penataan yang cermat.

Partisi ruangan yang juga banyak digunakan adalah bentuk furnitur. Misalnya sebagai batas antara ruang tamu dengan ruang makan, furnitur lebih praktis. Bila suatu saat diperlukan ruangan yang lebih luas karena adanya suatu kegiatan atau acara khusus, furnitur itu hanya dipindahkan.

Sebagaimana dikutip dari http://www.olympicfurniture.co.id/, furnitur yang dapat digunakan untuk menyekat ruang keluarga dengan ruang lainnya misalnya TV cabinet yang didisain khusus sehingga memiliki tampilan depan dan belakang. Untuk ruang makan dengan dapur dapat digunakan unit mini bar yang juga memiliki tampilan muka dua arah. Penyekat dapat juga berbentuk sketsel tipis untuk menutup pandangan orang agar tidak dapat secara langsung melihat ke dalam kamar. Hal ini sering terjadi pada rumah berukuran kecil yang letak pintu ruang tidur atau pintu kamar mandi berada di area publik.  ( Akhmad Ludiyanto )

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS