Penempatan frame foto yang pas bisa menjadi dekorasi ruangan. (Arif Fajar S.) Penempatan frame foto yang pas bisa menjadi dekorasi ruangan. (Arif Fajar S.)

Menata Bingkai Kenangan dalam Ruang

164 Kali

 

 

 

Peristiwa bahagia atau sedih yang Anda alami tak sekadar dikenang dalam ingatan. Kemajuan teknologi, membuat setiap momen bahagia atau sedih bisa diabadikan melalui rekaman video atau foto hasil jepretan lensa kamera.

Bahkan persitiwa bahagia atau sedih itu tidak hanya dikenang sendiri, yang terlibat dalam peristiwa itu bisa membagikannya ke orang lain melalui media sosial. Mereka yang ikut melihat pun sering memberikan tanda suka (like) atau sekadar berkomentar.

Kendati demikian, masih banyak yang mengabadikan kenangan itu dalam bentuk foto (dicetak) kemudian dibingkai. Bingkai foto (frame) atau sering disebut pigura, adalah tepi dekoratif yang dibuat untuk memasang, melindungi, dan memajang sebuah foto dan gambar.

“Karena itu frame photo pun bisa menjadi dekorasi ruangan atau bisa dimanfaatkan untuk mempercantik sebuah ruangan. Baik itu ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, bahkan kamar tidur pun bisa dipercantik dengan frame photo,” kata Deputy Store Manager Informa Solo Paragon Lifestyle Mall, Caroline Engelsz, kepada Espos, belum lama ini.

Berbeda pada beberapa waktu lalu, frame photo yang tersedia di pasaran sekarang beragam bentuknya. Tidak hanya segi empat atau empat persegi panjang, namun sudah bervariasi dan dilengkapi sejumlah aksesori. Warna frame photo pun tidak monoton hitam dan kuning emas, atau perpaduan keduanya, kini warnanya pun beragam seperti putih, warna kayu, bahkan warna-warna pastel pun bisa menjadi pilihan.

“Bentuknya ada yang sudah satu paket frame photo terdiri atas beberapa frame photo yang saling menempel dan ditambah tulisan family. Bentuk hati untuk frame photo pun tersedia untuk membingkai kenangan bahagia,” terang Caroline.

Gadis remaja yang ingin mengabadikan momen bahagianya pun bisa membingkai kenangannya dalam frame photo dengan bentuk unik dan warna pink (merah muda) atau warna-warna pastel penuh keceriaan. “Tentu dengan frame photo yang sesuai usia bisa dijadikan dekorasi di kamar tidur yang bersangkutan,” ujar dia.

Namun, bagi yang terbiasa dengan bentuk persegi empat atau empat persegi panjang, lanjut Caroline, tersedia pula beragam ukuran. Bahkan ada juga paketan yang terdiri dari enam bingkai foto, ada juga 26 bingkai foto beragam ukuran.

“Satu paket frame photo memudahkan membingkai suatu peristiwa. Misal kenangan saat wisata, bisa dibingkai dalam rangkaian frame photo dengan warna yang sama namun ukuran berbeda,” jelasnya.

Frame photo juga bisa dimanfaatkan untuk mempercantik ruangan. Karena itu, tambah Caroline, harus pintar memilih bentuk, warna, dan ukuran. Ketika dipasang di ruang tamu, sesuaikan dengan luas ruangan tersebut, termasuk padu padan dengan warna dinding. “Frame photo bisa juga dipasang di meja bufet. Sebaiknya lebih dari satu frame, sama ukuran asal penempatannya tidak sejajar, harus maju salah satu agar efek tiga dimensinya terlihat,” saran Caroline.

Untuk ruang keluarga frame photo yang terpasang bisa berisi foto peristiwa keluarga tersebut, bisa foto satu keluarga, bisa juga foto pasangan suami istri kemudian foto anak-anaknya, bahkan bisa juga foto cucu-cucu. Tentu pemasangannya harus tertata rapi sehingga ketika dilihat bisa menggambarkan momen bahagia dari keluarga tersebut.

Di ruang makan, frame photo yang terpasang bisa kenangan saat wisata kemudian dipadupadankan dengan lukisan yang sesuai tema dari ruang makan tersebut. “Untuk kamar tidur biasanya frame photo yang terpasang memuat kenangan saat pacaran, menikah atau hal yang bersifat romantis,” jelas Caroline. (Arif Fajar S.)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS