www.eggslet.com www.eggslet.com

Menata dan Membersihkan Karpet

573 Kali

RUMAH190.COM Keberadaan karpet, sekarang ini sudah menjadi kebutuhan utama.Selain fungsinya yang praktis, karpet bisa memudahkan Anda untuk melakukan aktivitas. Karpet bisa digunakan sebagai alas pengganti tikar ataupun untuk alas beribadah. Praktis dan mudah membawanya, sehingga hampir semua pemilik rumah memiliki. Karena praktis itulah, terkadang Anda lupa soal kebersihan. Terkadang sudah dipakai beberapa kali baru teringat, karena setelah dibuka ternyata gatal dan tidak nyaman.

Untuk itu, kebersihan karpet pun harus tetap dijaga agar kenyamanan dan kesehatan tetap terjaga. Seperti dilansir dalam lifestyle.com dan pasarinfo.com, karpet harus dirawat dan dibersihkan. Bagaimana caranya, berikut tips yang bisa digunakan untuk karpet Anda:

Pertama kenali terlebih dahulu jenis-jenis karpet, karena bisanya karpet digunakan di dalam ruangan. Jika demikian, perhatian tema dan ukurannya juga. Hal itu penting, karena ruang berkaitan dengan pilihan bentuk, warna dan motif karpet. Misalkan, Anda menginginkan penataan bergaya klasik, sebaiknya juga dipilih karpet bertema klasik.

Motif klasik biasanya memiliki banyak hiasan, mirip-mirip karpet buatan Persia, sedangkan motif modern terlihat lebih sederhana dan biasanya merupakan perpaduan garis dan warna yang lebih tegas.

Kedua, soal ukuran dan fungsi ruang hendaknya juga Anda perhatikan. Jangan ada kesan, tidak seimbang. Seandainya Anda memiliki ruang keluarga berukuran 4 m x 5 m, Anda dapat menggunakan karpet dengan ukuran 160 cm x 240 cm. Jika ukuran ruang lebih kecil, gunakan karpet ukuran 140 cm x 200 cm. Fungsi karpet tak boleh dilupakan, yakni sebagai penutup lantai. Jika karpet diharapkan menjadi aksen, pilih karpet yang sesuai fungsi ruang. Karpet pada ruang tidur, misalnya, biasanya karpet ditempatkan di sisi ranjang, pilih saja yang berukuran 80 cm x 150 cm.

Ketiga soal warna, hendaknya Anda sesuaikan dengan selera Anda. Jika ingin selaras, hendaknya dipilih karpet yang selaras dengan warna ruangan. Namun bisa saja dikontraskan, sehingga dipilih warga yang bertabrakan dengan warna ruangan.

Sementara untuk merawat dan membersihkan karpet, biasakan dibersihkan dengan vacum cleaner. Namun demikian, kebersihan dari vacum cleaner belum menjamin bersih sepenuhnya, terkadang Anda berpikiran kotoran atau debu turun di bawah karpet sehingga masih menyebabkan sakit. Untuk menghindari sindrom tersebut, karpet bisa dibersihkan dengan cara mencuci. ( Triyanto Hery S )

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS