http://advice4home.com http://advice4home.com

Menata Lantai Atas

1199 Kali

RUMAH190.COM Kehadiran lantai atas rumah memiliki fungsi yang tak bisa dipandang remeh. Menata lantai atas rumah agar terlihat menarik dan nyaman ditempati akan membuat anggota keluarga betah berlama-lama beraktivitas di dalamnya.

Tentunya ada berbagai alasan yang menjadi dasar bagi masing-masing pemilik rumah ketika menghadirkan lantai atas dalam rumah mereka atau membangun rumah bertingkat. Pengembangan lahan ke atas menjadi salah satu alternatif pilihan memaksimalkan lahan yang ada.

Ada berbagai keuntungan yang didapatkan dengan menghadirkan lantai atas atau membangun rumah bertingkat.

Salah satunya si pemilik rumah bisa leluasa memiliki lahan luas di lantai bawah untuk berbagai aktivitas yang dibutuhkan, sementara di lantai atas bisa digunakan untuk menempatkan berbagai ruangan pribadi, seperti kamar tidur, ruang bersantai, ruang kerja, ruang belajar, ruang musik atau ruang yang diinginkan sesuai kebutuhan.

Mengingat lahan rumah yang tak terlalu luas sekitar 147m2, keluarga S Gunarto yang berdiam di Gentan Deluxe CD1 mengembangkan lahan ke atas dengan menghadirkan lantai atas di dalam rumahnya. Penataan lantai dua berukuran 15X3 meter ini dibuat sederhana namun fungsional. Lantai atas rumah digunakan untuk dua ruang kamar tidur dan ruang komputer dan area kosong antara kamar tidur depan dan kamar tidur belakang difungsikan untuk tempat fitness pribadi.

”Kamar depan untuk anak saya yang perempuan, sementara kamar tidur yang di belakang untuk anak saya yang laki-laki. Dan ada ruang untuk menempatkan komputer, jadi jika mau mengerjakan tugas sekolah atau menyelesaikan tugas kantor biasanya di sini,” ujar Nyonya Gunarto ketika dijumpai Espos di kediamannya.

Begitu menaiki pertengahan anak tangga menuju lantai dua, akan terlihat cermin dengan bingkai kayu ukiran menyambut orang yang naik ke lantai atas.

Di bawah cermin yang ditempelkan di dinding terdapat satu perangkat komputer yang diletakkan di atas meja berukuran sedang. Sementara di lorong antara kamar tidur depan dan belakang ditempatkan kursi telepon dari kayu jati dengan ornamen ukir.

Sementara peralatan fitness pribadi power rider relent ditempatkan di depan kamar tidur belakang.

”Saat akan digunakan, alat tersebut baru digeser ke lorong untuk olahraga mengecilkan perut, jika sudah selesai tinggal dilipat dan dikembalikan lagi ke tempat semula jadi menghemat tempat,” kata Ny Gunarto.

Lebih natural

Ubin pada lantai atas yang dipilih adalah keramik warna hijau yang senada dengan warna keramik di lantai bawah. Sedangkan cat dinding dipilih warna biru, harmonis dengan warna dinding lantai bawah. Jendela pada lantai atas dibuat dalam jumlah yang cukup banyak agar udara di lantai dua tidak terlalu panas.

Sementara Heni yang berdiam di Ngadisuman, Solo, menata lantai atas rumahnya yang bernuansa etnik Jawa untuk kamar tidur anaknya dan tempat untuk menempatkan alat musik drum. ”Kebetulan anak saya suka musik dan suka nge-drum,” ujar Heni.

Lantainya dipilih dari bahan parket agar harmonis dengan nuansa rumah dan agar terlihat lebih natural. Pagar pembatas lantai atas terbuat dari kayu jati yang dibuat model etnik. Sedangkan kamar anak didekorasi dengan berbagai poster film, bergambar musisi kesukaan Reza, puteranya yang berusia 8 tahun.

Sementara keluarga Irfan yang berdiam di Panularan, menata lantai dua rumah mereka untuk menempatkan tiga kamar tidur dan tempat bersantai. Satu perangkat televisi ditempatkan di bagian ruang bersantai dan untuk duduk dibuat lesehan dengan alas karpet tebal. Sementara lantai yang dipilih terbuat dari keramik warna merah tua. ( Aeranie Nur Hafnie )

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS